[POPULER TRAVEL] Sejarah & Keunikan Ayam Betutu | Banda Aceh Batalkan Agenda Wisata 2020

Kompas.com - 18/04/2020, 06:46 WIB
Ayam Betutu khas Gilimanuk, Bali. https://pesona.travelAyam Betutu khas Gilimanuk, Bali.

KOMPAS.com - Sejarah dan keunikan ayam betutu menjadi berita terpopuler Travel Kompas.com pada Jumat (17/4/2020. Dua di antara keunikan ayam betutu yang dibahas ialah dulu dimasak pakai bumbu kemenyan dan dimasak selama 10 jam.

Berita terpopuler lainnya adalah rahasia membuat kopi kekinian di rumah, resep inflight meal dari maskapai penerbangan Emirates, dan batalnya agenda wisata Banda Aceh pada 2020.

Berikut berita terpopuler Travel Kompas.com pada Jumat (17/4/2020).

Sejarah Ayam Betutu, Hidangan Khas Bali Pengaruh Budaya Majapahit

Ayam betutuShutterstock Ayam betutu

Hidangan ini berkembang ke kawasan Gilimanuk, Jembrana. Ayam betutu kini ibarat ikon kuliner khas Bali yang sangat dikenal wisatawan mancanegara.

Dulunya, hidangan ini hanya disajikan saat upacara adat. Ayam betutu tradisional dimasak dengan cara yang unik nan rumit, serta memakan waktu yang panjang.

Tradisi mengolah betutu secara tradisional adalah ayam utuh dilapisi daun pinang lalu diberi bara sekam atau dikubur dalam tanah dengan bara sehingga menghasilkan temperatur panas tertentu.

Ayam "dikubur" selama delapan sampai sepuluh jam. Ini Ibarat oven alami seperti proses memanggang.

Seiring perkembangan zaman, teknik tradisional masih tetap dipakai walau tergolong sudah jarang.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X