AirAsia Operasikan Kembali Rute Domestik Secara Terbatas, Berikut Jadwalnya

Kompas.com - 18/04/2020, 11:24 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/ZHOU EKAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

KOMPAS.com - AirAsia Group menyatakan kesiapannya untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara.

Negara yang dimaksud ialah Malaysia (mulai 29 April 2020), Thailand (mulai 1 Mei 2020), Filipina (mulai 1 Mei 2020), India (4 Mei 2020), dan Indonesia (mulai 7 Mei 2020), bergantung pada persetujuan dari otoritas.

Baca juga: Cara Memindahkan Jadwal Penerbangan AirAsia Indonesia yang Dibatalkan

Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas untuk rute domestik tertentu.

Secara bertahap akan beroperasi di rute lainnya termasuk rute internasional. jika nantinya situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut.

Penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui airasia.com dan aplikasi AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo akun kredit.

Baca juga: Cara Menggunakan Akun Kredit AirAsia Indonesia, Bisa untuk Beli Tiket Berikutnya

Informasi lebih lanjut mengenai rute dan jadwal penerbangan akan diumumkan selanjutnya, dan tergantung persetujuan otoritas terkait.

Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap Covid-19.

Kami juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya," kata President (Airlines) AirAsia Group Bo Lingam, sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

"Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama. Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan.

Serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute kami," lanjutnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X