Kompas.com - 19/04/2020, 14:44 WIB
Dalgona Coffee ShutterstockDalgona Coffee


KOMPAS.com – Dalgona coffee akhir-akhir ini jadi resep minuman viral di media sosial. Banyak yang bertanya-tanya, mengapa kopi dengan tiga bahan berupa kopi instan, gula, dan air ini bisa mengembang dan punya tekstur layaknya busa yang lembut.

Dilansir dari Popular Mechanics, kopi dalgona yang mengembang ini punya reaksi yang mirip dengan putih telur yang ketika dikocok terus menerus akan mengembang.

Salah satu elemen kunci dalam kopi dalgona mengembang sempurna adalah gula. Ahli kimia Tom Kuntzleman sebelumnya melakukan eksperimen dengan minuman soda.

Ternyata, soda yang mengandung gula akan membentuk busa yang berbeda dengan soda tanpa gula.

Baca juga: Pakai Es Batu, Trik Bikin Dalgona Coffee Cepat Mengembang

Pasalnya, gula jadi elemen yang mencegah gelembung-gelembung busa dalam soda untuk menyatu. Tanpa adanya gula, gelembung tersebut akan berbentuk kecil dan terpisah satu sama lain.

Maka soda tanpa gula mungkin akan punya volume busa yang lebih tinggi tapi busa pada soda dengan gula akan bertahan lebih lama.

Kuntzleman melakukan beberapa eksperimen membuat dalgona. Ia mencoba kopi tubruk dan bubuk cokelat.

Untuk kopi tubruk berampas (tidak bisa benar-benar larut dalam cairan), juga memiliki larutan lemak yang akan mencegah pembentukan busa.

Hal yang sama juga terjadi untuk bubuk cokelat. Bubuk cokelat punya sifat hidrofobik yang sulit untuk bercampur rata dengan air.

Oleh karena itu, penggunaan kopi tubruk berampas dan bubuk cokelat tidak akan berhasil untuk mencapai konsistensi busa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X