Kisah Haru Pemberian Makanan Gratis di Tengah Wabah Virus Corona

Kompas.com - 19/04/2020, 18:07 WIB
Ilustrasi memberi makanan gratis. SHUTTERSTOCK/ADDKMIlustrasi memberi makanan gratis.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak wabah virus corona ( Covid-19) dinyatakan sebagai pandemi global, hampir seluruh industri terkena dampaknya.

Mulai dari industri pariwisata yang melamban, hingga industri kuliner yang sebagian pelakunya terpaksa menutup mata pencaharian untuk sementara waktu.

Baca juga: Daya Saing Pariwisata Indonesia Masih Rendah, Bisakah Pariwisata Melonjak?

Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan Program Operasi Makan Gratis demi membantu pekerja informal dan korban PHK melalui pemberian makanan gratis lewat 1.000 warung nasi Jabodetabek.

Program yang telah diluncurkan sejak 24 Maret 2020 tersebut dilaksanakan dengan mengandalkan kemitraan dengan warung-warung makan setempat.

Direktur Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bambang Triyono mengatakan bahwa program Operasi Makan Gratis yang bekerja sama dengan 1.000 warteg di Jabodetabek menguntungkan para pemiliknya.

“Mereka (para pemilik warung nasi) cerita kalau sebelum kerja sama, sudah ada yang pulang dan menutup warung karena pemasukan menurun,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

“Dengan kerja sama dengan kita, Alhamdulillah mereka lanjut buka. Sebelumnya ada yang sudah rencana mau pulang dan bukanya sudah tidak rutin,” lanjutnya.

Salah satu pemilik warung nasi yang berencana untuk pulang kampung adalah Muali. Bambang mengatakan bahwa Muali hampir kembali ke kampung halamannya di Tegal.

Menurut Bambang, Muali ingin pulang kampung untuk beristirahat karena berkurangnya pemasukan.

“Sehari-harinya harus mengandalkan tabungan sebelum ada bantuan dari kami,” tutur Bambang.

Salah satu warung nasi yang berpartisipasi dalam program Operasi Makan Gratis milik Aksi Cepat Tanggap (ACT).dok. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Salah satu warung nasi yang berpartisipasi dalam program Operasi Makan Gratis milik Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X