Bantuan untuk Pemandu Wisata di Sulawesi Utara Belum Merata

Kompas.com - 20/04/2020, 12:08 WIB
Keindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. ShutterstockKeindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulawesi Utara, Mario Ben Gavriel memberi usulan kepada pemerintah terhadap distribusi bantuan.

"Jika ingin membantu kami, pemerintah sebaiknya mendistribusikan bahan makanan dan bahan bantuan ke kabupaten kota," kata Mario saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/4/2020).

Hal ini dikarenakan banyak daerah yang sudah membatasi pergerakan orang.

Baca juga: HPI Bali Soal Kartu Pra Kerja: Saat Ini Lebih Butuh Uang daripada Pelatihan

 

Banyak akses keluar masuk dari wilayah satu kabupaten atau kota tertentu di Sulawesi Utara memerlukan rekomendasi sehat dari puskesmas sesuai domisili yang bersangkutan.

Oleh karena itu, menurutnya jika bantuan dipusatkan di Manado, maka akan menyulitkan daerah lain untuk mengambilnya.

Taman Nasional BunakenDok. Balai TN Bunaken Taman Nasional Bunaken

"Ada banyak pramuwisata yang tidak bisa datang lantaran jaraknya jauh. Seperti mereka yang tinggal di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, dan Kepulauan Sitaro," jelasnya.

Ia sendiri mengaku takut untuk ke Manado lantaran khawatir tertular virus corona ketika perjalanan.

Adapun bantuan pemerintah baru sampai di Kota Manado.

Baca juga: Pemandu Wisata di Manado Sambung Hidup Jadi Pengemudi Online dan Jualan Masker

"Sementara itu, untuk teman-teman di kabupaten/kota lain, masih belum ada bantuan dari pemerintah kota atau kabupaten. Jikalau sudah ada, saya belum mendapat informasinya," terangnya.

Mario pun kembali mengecek grup WhatsApp HPI Sulawesi Utara. Hingga kini belum ada informasi terbaru tentang penyaluran bantuan di kabupaten/kota.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X