Kompas.com - 21/04/2020, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jepara dikenal sebagai kota ukir sejak lama. Sangat mudah untuk menemukan pengrajin ukiran kayu dan karyanya yang menarik hampir di setiap sudut wilayahnya.

Kendati demikian, kuliner yang dimiliki Jepara juga tidak kalah menarik untuk dinikmati. Berikut aneka makanan khas Jepara yang bisa kamu coba yang telah Kompas.com rangkum spesial untuk Hari Kartini:

Baca juga: Memaknai Hari Kartini dalam Situasi Pandemi Virus Corona... 

1. Pindang serani

Pindang serani merupakan hidangan berkuah yang dibuat dengan bahan baku ikan laut. Di Jepara, kamu bisa dengan mudah menemui hidangan tersebut.

Biasanya, pindang serani akan disajikan dengan hangat dalam sebuah mangkuk lebar.

Hidangan juga dilengkapi dengan sepotong daging ikan yang tenggelam dalam kuah bening.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan potongan cabai, tomat, belimbing wuluh, dan daun kemangi dalam kuah tersebut.

Rasa yang ditawarkan pindang serani merupakan campuran antara pedas dan gurih. Pindang serani cocok disantap dengan nasi hangat. 

Baca juga: Nasi Pindang Daging Sapi, Enaknya Bikin Nagih

2. Kerupuk ikan

Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak menikmati kerupuk ikan khas Jepara yang terbuat dari berbagai jenis ikan. Beberapa di antaranya adalah tenggiri dan lemadang.

Saat menikmati kerupuk ikan, mungkin kamu bisa merasakan kesegarannya. Sebab, ikan-ikan yang dijadikan sebagai bahan baku diberikan langsung oleh para nelayan usai melaut.

3. Sup pangsit

Sup pangsit jepara. Dok. Tribun Jatim/ Hefty Suud Sup pangsit jepara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.