Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata Selam Tutup, Pelaku Wisata Selam Terpaksa Banting Setir Jual Hasil Laut

Kompas.com - 22/04/2020, 11:39 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, perlahan bisnis wisata bahari di Indonesia anjlok. Para pelaku wisata bahari kehilangan pekerjaan. Sebagian besar sudah diberhentikan.

Ketua Umum Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI) Ricky Soerapoetra mengatakan, semua orang yang bekerja di usaha wisata selam, tidak mendapat pemasukan ataupun pendapatan dengan ditutupnya tempat wisata selam.

Baca juga: Semua Tutup, Operator Wisata Arung Jeram Hanya Mampu Bertahan Tiga Bulan

"Yang paling berharga khususnya wisata selam itu kan SDM (sumber daya manusia), dari segi pekerja informal mulai dari mereka yang mengangkut barang-barang atau alat selam, hingga pekerja tetapnya mulai di-PHK atau dipulangkan, tapi tetap kan perusahaan harus bertanggung jawab," kata Ricky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Sementara itu, Wakil Direktur Oye Selam Indonesia, Herri, salah satu operator wisata selam di Indonesia menuturkan pemasukan industri wisata selam bergantung pada perjalanan.

"Karena memang keseluruhan kegiatan di industri selama ini kan 60 persen harus trip, kalau lokasi sendiri ditutup ya kita engga bisa berbisnis. Akhir Maret kemarin kita sudah berhenti total industrinya," kata Herri saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Anggota Oye Selam IndonesiaOye Selam Indonesia Anggota Oye Selam Indonesia
Bisnis wisata selam yang anjlok ini membuat seluruh pelaku usaha wisata selam memutar otak untuk bertahan hidup semampu mungkin.

Herri mengatakan, semua pelaku usaha banting setir untuk bertahan hidup demi mencukupi kebutuhan rumah tangga, salah satunya menjual hasil laut.

"Banyak dari kami yang sementara harus banting setir untuk bertahan hidup, terutama dive center yang berada di daerah yang pendapatan mereka dihasilkan dari para tamu pendatang dari luar. Mereka bertahan dengan mencari hasil laut untuk dijualbelikan," ujarnya.

Baca juga: HPI Bali Soal Kartu Pra Kerja: Saat Ini Lebih Butuh Uang daripada Pelatihan

Sementara bagi pelaku usaha wisata selam yang berada di kota besar, ia bersama rekan-rekan lainnya hanya bertahan di rumah dan sebagian memulai berdagang lewat platform online.

Herri mengatakan bahwa semua jadwal trip yang sudah dijadwalkan untuk tahun 2020 dibatalkan. Hal ini otomatis membuat pelaku usaha selam tak mendapat pemasukan.

Wisata selam oleh operator Oye Selam IndonesiaOye Selam Indonesia Wisata selam oleh operator Oye Selam Indonesia
Sementara itu, Ricky menuturkan bahwa sekitar 200 anggota PUWSI yang usahanya terdampak pandemi Covid-19. Namun, ia menduga ada sekitar ribuan pekerja usaha wisata selam di pelosok yang tidak terdaftar PUWSI juga terdampak.

Ia menjelaskan bahwa pengeluaran usaha wisata selam antara lain gaji karyawan, pembelian dan perawatan aset selam, serta pembayaran belanja negara seperti listrik dan air.

"Yang paling terpenting saat ini adalah bagaimana pekerja kami bisa hidup, bertahan. Birokrasi jangan dipersulit untuk masa darurat misalnya Kartu Pra Kerja, itu dari kita engga ada yang berhasil daftar," jelasnya.

Pihaknya telah mengusulkan beberapa upaya untuk menanggulangi wabah dampak covid-19 terhadap usaha wisata selam kepada pemerintah, antara lain bantuan langsung tunai, Kartu Pra Kerja, hingga masalah pajak agar segera direalisasikan.

Wisata selam oleh Oye Selam IndonesiaOye Selam Indonesia Wisata selam oleh Oye Selam Indonesia
Sebelumnya, Kemenparekraf merealokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk membantu menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam masa darurat COVID-19.

Baca juga: Kemenparekraf Realokasi Anggaran Rp 500 Miliar untuk Bantu Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com