Daftar 10 Rute Penerbangan Terpanjang, Ada Singapura-Newark AS

Kompas.com - 28/04/2020, 07:40 WIB
Ilustrasi pesawat milik Emirates. SHUTTERSTOCK/ZGPHOTOGRAPHYIlustrasi pesawat milik Emirates.

KOMPAS.com – Perusahaan data penerbangan Official Aviation Guide ( OAG) merilis daftar rute penerbangan terpanjang tahun 2019 dalam laporan Busiest Routes 2020.

Mengutip Business Insider, Jumat (24/4/2020), daftar yang kerap berubah memiliki pendatang baru setiap tahunnya.

Hal ini tak lepas karena perkembangan teknologi pesawat serta dan maskapai penerbangan yang menjadi lebih ambisius terhadap jaringan rutenya.

Dalam daftar tahun ini, tujuh dari sepuluh rute berasal atau berakhir di Amerika Serikat (AS) dengan hampir seluruh penerbangan tersebut menyentuh Asia-Pasifik, kecuali satu penerbangan yang menuju Afrika Selatan.

Berikut daftar 10 rute penerbangan terpanjang yang dirilis oleh OAG:

1. Singapura dan Newark, AS

Rute terpanjang di dunia adalah rute milik Singapore Airlines yang berada di antara Singapura dan Newark, AS. Rute itu dibuka kembali pada 2018 menggunakan pesawat Airbus A350-900 XWB.

Rute Singaoura-Newarka membentang sepanjang 8.227 mil laut dan memiliki waktu tempuh hampir 19 jam dengan tiga kali makan disajikan selama penerbangan.

Singapore Airlines meninggalkan rute nonstop tersebut pada 2013. Namun mereka kembali membukanya setelah Airbus A350 yang hemat bahan bakar membuat rute layak secara finansial.

Pada 2019, total penerbangan yang dilakukan oleh Singapore Airlines adalah 728 penerbangan.

Baca juga: Kru Kabin Singapore Airlines Bantu Tenaga Medis di Rumah Sakit Covid-19

2. Doha, Qatar dan Auckland, Selandia Baru

Rute terpanjang dari maskapai di Timur Tengah, Qatar Airways, berada pada rute penerbangan antara Doha, Qatar dan Auckland, Selandia Baru dengan rute sepanjang 7.843 mil laut.

Penerbangan tersebu dioperasikan oleh pesawat Boeing 777-200LR. Waktu penerbangan terjadwal dalam rute tersebut mampu melebihi 18 jam.

Qatar Airways menerbangkan 721 pesawat pada rute tersebut pada 2019.

Baca juga: Qatar Airways Buka Penerbangan Khusus, WNI di Kuwait Bisa Manfaatkan untuk Kembali ke Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X