Penumpang Kereta Api Diimbau Refund Tiket Mudik Lewat KAI Access

Kompas.com - 28/04/2020, 18:12 WIB
Kereta api di daerah operasional (Daop)9 bakal tidak beroperasi sejak 25 April 2020 hingga 31 Mei 2020 KOMPAS.com/Dokumentasi Humas KAI Daops 9Kereta api di daerah operasional (Daop)9 bakal tidak beroperasi sejak 25 April 2020 hingga 31 Mei 2020


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi melarang masyarakat untuk tidak mudik pada Lebaran 2020. Kebijakan ini guna mencegah penyebaran virus corona.

Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, bisa melakukan refund tiket ke masing-masing perusahaan transportasi atau ke agen perjalanan.

Terkait refund tiket kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan kebijakan refund dapat dilakukan dengan cara offline maupun online.

Untuk offline, penumpang bisa datang ke stasiun yang menyediakan layanan refund.

Baca juga: Daftar Lengkap Pembatalan Jadwal Kereta Api dari 9 Daerah Operasi di Pulau Jawa

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, penumpang yang berlokasi jauh dari stasiun, disarankan melakukan refund melalui aplikasi KAI Access.

"Refund tiket bisa lewat KAI Access online. Jadi yang bersangkutan harus install dulu KAI Access. Apabila kondisi jauh dari stasiun, kami sarankan lewat online yaitu KAI Access," kata Joni saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Joni melanjutkan, penumpang yang sudah mengunduh aplikasi tersebut bisa langsung membuat akun terlebih dulu, dan mengikuti langkah-langkah yang tersedia.

Sejumlah calon penumpang mengisi formulir untuk pembatalan tiket keberangkatan di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebanyak 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta dibatalkan, sebagai tindak lanjut larangan mudik oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran wabah COVID-19.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah calon penumpang mengisi formulir untuk pembatalan tiket keberangkatan di stasiun Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebanyak 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta dibatalkan, sebagai tindak lanjut larangan mudik oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran wabah COVID-19.

Namun, ia mengingatkan kepada calon penumpang ketika melakukan registrasi akun KAI Access harus menyantumkan nomor identitas yang sesuai dengan identitas pada tiket yang hendak dibatalkan.

"Nomor ID akun yang teregistrasi harus sesuai dengan ID yang di tiket, untuk info lebih jelas dan lanjut penumpang bisa hubungi customer service KAI di nomor 121," jelasnya.

Baca juga: Mudik Dilarang, Cara Refund Tiket Mudik Pesawat, Kereta, Pelni, dan Bus

Secara umum, penumpang yang ingin melakukan refund dapat ditempuh dengan dua cara baik offline maupun online.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X