Pengalaman WNI Sahur Saat Midnight Sun di Negara Skandinavia, Pukul 02.30 Sudah Terang Benderang

Kompas.com - 30/04/2020, 14:14 WIB
Fenomena midnight sun, matahari masih tampak walau sudah tengah malam. Fenomena ini lazim terjadi saat musim panas di daerah dekat kutub utara. Pixabay/OberlehnerFenomena midnight sun, matahari masih tampak walau sudah tengah malam. Fenomena ini lazim terjadi saat musim panas di daerah dekat kutub utara.


JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana Ramadhan menjadi yang paling dinanti-nantikan bagi umat Islam di seluruh dunia. Mereka menunaikan ibadah puasa mulai sehabis sahur dan diakhiri pada waktu maghrib.

Saat sahur identik dengan suasana langit yang masih terlihat gelap, tetapi tidak bagi negara-negara Skandinavia seperti Islandia, Norwegia, dan lainnya.

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sana, hal ini menjadi sebuah keanehan yang baru di mana mereka mengalami sahur di saat matahari sudah terbit.

Fenomena matahari tengah malam ini biasa disebut dengan midnight sun.

Baca juga: Midnight Sun, Hadiah dari Alam di Musim Panas Negara Skandinavia

"Pertama kali puasa Ramadhan di Islandia Juni 2016, mengalami sahur saat midnight sun. Agak aneh ya, udah terang benderang matahari di luar sana, masih sahur terus shalat Subuh. Biasanya di Indonesia kan subuh masih gelap," kata Asti, seorang WNI di Islandia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Asti kemudian menjelaskan bahwa di Islandia, midnight sun berlangsung sekitar Mei sampai Agustus.

Adapun puncaknya dinamai dengan Summer Solstice yang terjadi sekitar 20 Juni 2020. Pada masa ini, matahari akan muncul di langit 24 jam penuh.

"Jadi ada matahari, ada juga bulan di langit. Bisa lihat keduanya barengan di langit. Terang terus sepanjang hari dan malam. Engga ada gelap sama sekali," jelasnya.

Asti mengatakan, sebenarnya matahari sempat tenggelam atau terbenam, tetapi hanya beberapa menit saja, dan terbit kembali kemudian.

Ia mengaku pada saat Summer Solstice, Ramadhan akan terasa lebih menantang karena fenomena matahari yang tidak seperti di Indonesia.

Asti, WNI di Islandia mengalami Midnight Sun di tempat tinggalnya Reykjavik, Islandia pada 2 Juni 2018.Dokumentasi pribadi Asti Asti, WNI di Islandia mengalami Midnight Sun di tempat tinggalnya Reykjavik, Islandia pada 2 Juni 2018.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X