Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Jadi Pulau Paling Populer di Dunia

Kompas.com - 30/04/2020, 20:40 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Start up travel ternama asal Jerman, Tourlane merilis hasil riset yang salah satunya menetapkan Bali sebagai pulau terpopuler di dunia. Riset tersebut dirilis pada 8 April 2020.

Penetapan tersebut menggunakan metode pencarian dari jumlah tanda pagar (pagar) di Instagram.

Selama beberapa periode riset dilakukan, hasil menunjukkan bahwa Pulau Bali menjadi destinasi yang paling banyak dicari dengan jumlah tagar mencapai 60.4733.066.

Baca juga: Kunjungan Turis Asing ke Bali Anjlok Hampir 100 Persen

Jumlah tersebut mengungguli Pulau Ibiza, Spanyol, di peringkat kedua dengan tagar 16.320.328, dan Pulau Sisilia, Italia, di peringkat ketiga dengan jumlah 12.974.059 tagar.

Merespon hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparerkaf) Wishnutama Kusubandio menyambut baik ditetapkannya Bali sebagai pulau terpopuler di dunia saat ini.

Ia mengatakan, penetapan itu semakin memotivasi Indonesia untuk menumbuhkan Bali-Bali baru. Di samping meningkatkan pariwisata Bali agar semakin ramah dan berkelanjutan.

Ilustrasi tarian Bali. Dok. Kemenparekraf Ilustrasi tarian Bali.

“Kekuatan tradisi dan budaya di Bali tidak perlu diragukan lagi hingga menjadi alasan tersendiri wisatawan untuk datang selain keindahan alamnya. Maka tak heran, Bali sangat populer di dunia,” kata Wishnutama sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (30/4/2020).

Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, kepopuleran Bali diminati oleh wisatawan juga merupakan pekerjaan rumah.

Terlebih setelah pandemi COVID-19, tren berwisata akan berubah lebih mengarah pada pariwisata yang fokus pada kesehatan dan kenyamanan wisatawan.

Baca juga: Resep Pelecing Kangkung Bali, Cocok untuk Makan Lauk Ayam Betutu

“Kami dan masyarakat Bali terus berkolaborasi guna berbenah diri menghadapi tren berwisata baru, termasuk soal penanganan sampah, sanitasi, higienitas, hingga kenyamanan," kata Wishnutama.

Panorama Pantai  di Nusa Penida, Klungkung, Bali, ?Surga Biru? bagi wisatawan. Pantai itu memiliki daratan yang menjorok ke laut seperti jari kelingking.KOMPAS/HENDRIYO WIDI Panorama Pantai di Nusa Penida, Klungkung, Bali, ?Surga Biru? bagi wisatawan. Pantai itu memiliki daratan yang menjorok ke laut seperti jari kelingking.

"Masyarakat Bali juga sudah punya kesadaran tinggi akan pariwisata bersih” lanjutnya.

Penetapan Bali sebagai destinasi terpopuler di dunia bukan kali pertama didapat.

Baca juga: 5.000 Pemandu Wisata di Bali Tak Punya Pekerjaan, Mau Banting Setir Tak Ada Lowongan

Sebelumnya, Pulau Dewata berada di peringkat teratas dari 24 kota di dunia sebagai Destinasi Terbaik di Dunia 2017 versi situs tinjauan perjalanan wisata paling populer, Tripadvisor.

Selain itu, beberapa situs dan asosiasi internasional juga pernah menobatkan Bali sebagai yang terbaik antara lain Travel and Leisure, World Travel Awards, Conde Nast Traveler, hingga UNWTO Awards.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com