Mengemis dan Mengamen, Ulah Wisatawan Asing yang Begpackers di Indonesia dari 2019-2020

Kompas.com - 01/05/2020, 21:17 WIB
Wisatawan asing yang begpackers di sebuah kota dengan menjual foto dan pernak-pernik. Twitter/ImSoloTravellerWisatawan asing yang begpackers di sebuah kota dengan menjual foto dan pernak-pernik.


JAKARTA, KOMPAS.com - Ulah turis asing yang menjadi pengemis atau dikenal dengan istilah " begpackers" tak hanya terjadi di luar negeri.

Indonesia sebagai destinasi wisatawan mancanegara juga mengalami hal serupa.

Catatan Kompas.com setidaknya terdapat beberapa peristiwa kala turis asing menjadi pengemis di Indonesia.

Banyak di antara mereka yang kisahnya viral dan berakhir dideportasi oleh Imigrasi.

Sepanjang 2019-2020, Kompas.com mencatat dua kejadian pengemis bule yang tertangkap pihak Imigrasi Indonesia.

Kepala Rudenim Pekanbaru, Junior Sigalingging (kemeja batik) mendampingi jajarannya saat mendeportasi seorang WNA asal Mesir bernama Tarek Ashour Mostafa Abdelaty, Jumat (15/2/2019).KOMPAS.com/IDON TANJUNG Kepala Rudenim Pekanbaru, Junior Sigalingging (kemeja batik) mendampingi jajarannya saat mendeportasi seorang WNA asal Mesir bernama Tarek Ashour Mostafa Abdelaty, Jumat (15/2/2019).

WNA Mesir Mengemis di Riau Dideportasi

Pada Februari 2019, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Riau, mendeportasi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Mesir bernama Tarek Ashour Mostafa Abdelaty (48), Jumat (15/2/2019).

Diberitakan Kompas.com, Tarek sempat mengemis karena sudah kehabisan uang.

"Tadi pagi sudah kita berangkatkan ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Garuda Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pukul 08.00 WIB," kata Kepala Rudenim Pekanbaru Junior Sigalingging.

Junior mengatakan, WNA tersebut merupakan penyerahan dari kantor Imigrasi Dumai pada Desember 2018.

Baca juga: WNA Asal Mesir yang Jadi Pengemis di Riau Dideportasi

Sebelumnya diketahui Tarek berangkat dari Malaysia menuju Dumai melalui jalur laut.

Halaman:


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X