Istana Nurul Iman Brunei Darussalam Biasa Open House Saat Lebaran, Bisa Bertemu Pangeran Abdul Mateen?

Kompas.com - 02/05/2020, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comIstana Nurul Iman di Brunei Darussalam biasa mengadakan open house saat Lebaran.

Istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mui’zzaddin Waddaulah dan keluarganya. Diketahui sultan mempunyai putra bernama Pangeran Abdul Mateen yang belakangan kerap dibicarakan warganet di media sosial.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Pangeran Mateen, Putra Sultan Hassanal Bolkiah

Pemilik Adinda Azzahra Tour & Travel dan Ketua Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Priyadi Abadi, menuturkan bahwa istana tersebut merupakan kediaman resmi keluarga Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mui’zzaddin Waddaulah.

“Wisatawan dapat berkunjung ke Istana Nurul Iman setiap libur Lebaran saat ada kegiatan open house. Hanya dibuka setahun sekali saat Hari Raya Idul Fitri, dibuka untuk umum. Selain Lebaran (istana tutup),” kata Priyadi kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Priyadi sudah mengikuti kegiatan open house Istana Nurul Iman selama lebih kurang delapan tahun belakangan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“The Last Santap” at the Istana. #brunei #hmbirthday #istana #istananuruliman

A post shared by G.E. Yapp (@ge_fox) on Jul 17, 2018 at 7:58pm PDT

Kendati merupakan kediaman resmi keluarga sultan, tetapi Priyadi menuturkan bahwa selama dia mendampingi wisatawan Indonesia ke sana dia belum pernah bertemu salah satu anggota keluarga sultan.

“Kalau bertemu Prince Abdul Mateen kurang tahu. Sultan juga saya belum pernah bertemu. Mungkin keluarga sultan hanya ada di waktu-waktu tertentu saja,” tutur Priyadi.

Priyadi menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa keluarga sultan berdiam di bagian istana yang tidak boleh dimasuki umum.

Berkunjung ke area tertentu di istana

Walaupun Istana Nurul Iman dibuka untuk umum setiap libur Lebaran, tetapi hanya beberapa area saja yang boleh disambangi.

Beberapa di antaranya adalah ruang untuk menerima tamu negara, beberapa ruang pertemuan, galeri lukisan, dan galeri lukisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.