Kompas.com - 02/05/2020, 18:58 WIB
Ilustrasi Brunei Darussalam - Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah. SHUTTERSTOCKIlustrasi Brunei Darussalam - Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah.

KOMPAS.comIstana Nurul Iman yang terletak di Brunei Darussalam merupakan istana tinggal terbesar di dunia yang berhasil masuk dalam Guiness World Records.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Brunei Darussalam, Pernah Dengar?

Merupakan tempat tinggal resmi keluarga sultan Brunei ke-29, istana tersebut mencakup 200,000 m² dan memiliki 1.788 kamar.

Mengutip laman resmi Guiness World Records, Istana Nurul Iman juga memiliki 257 kamar mandi, dan ruang perjamuan untuk 5.000 tamu.

Selanjutnya ada garasi dengan kapasitas 110 mobil, kandang kuda ber-AC dengan kapasitas 200 kuda, dan lima kolam renang.

Tidak hanya bangunan istananya yang luas, mengutip Istananuruliman.org, masjid di dalam areanya bisa menampung hingga 1.500 orang. Selanjutnya, istana tersebut juga memiliki helipad dan lebih dari 250 kamar mandi.

Bahkan, menurut Lonely Planet, istana tersebut memiliki gagang pintu emas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari Ibu Kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan. Bangunan tersebut merupakan bangunan putih besar dengan kubah emas dan menara yang menghiasinya.

Saking besarnya Istana Nurul Iman, kamu bisa melihatnya dari Taman Persiaran Damuan. Mulai dari atapnya yang melengkung, hingga kubah emasnya yang menjulang di antra pepohonan.

Jika kamu tengah menyusuri Sungai Brunei, kamu juga bisa melihat pemandangan istana yang menakjubkan tersebut.

Istana hanya dibuat dalam waktu dua tahun dan diselesaikan guna mencapai kemerdekaan Brunei dari Inggris pada 1 Januari 1984.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X