Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2020, 19:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Apabila kamu sering berkunjung ke Museum Nasional sembari merayakan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei, saat ini kamu tetap bisa berkunjung secara virtual.

Baca juga: Pengalaman Menjelajahi Museum Nasional Indonesia Secara Virtual

Sebab, museum tersebut tidak hanya menyediakan tur virtual tetapi kini juga memiliki fitur Pemanduan Daring yang bisa diikuti mulai 5 Mei 2020.

Berdasarkan informasi dari Instagram @museum_nasional_indonesia, Kamis (30/4/2020), kamu bisa mengikuti kegiatan tersebut untuk belajar seputar koleksi Museum Nasional.

Kamu akan dipandu oleh para pemandu museum tersebut melalui aplikasi Zoom setiap Selasa dan Rabu pukul 13.00 – 14.30 WIB.

Untuk mengikutinya, kamu hanya perlu daftar melalui laman bit.ly/EdukasiDaring dan mengisi beberapa informasi diri.

Walaupun kegiatan lebih ditujukan untuk SD, SMP, SMA dan sederajat, namun kamu juga bisa untuk mengikutinya jika tertarik.

Jadi kurator pameran museum

Selain kegiatan Pemanduan Daring, kamu juga bisa mencoba menjadi kurator dan penyelenggara pameran museum walaupun di rumah saja melalui tantangan #PameranDariRumah.

Berdasarkan informasi dari Twitter @MuseumNasional, Senin (13/4/2020), caranya pun cukup mudah untuk mengikutinya.

Tangkapan layar tur virtual Museum Nasional Indonesia, Selasa (7/4/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar tur virtual Museum Nasional Indonesia, Selasa (7/4/2020).

Caranya adalah dengan mengunduh foto-foto dan data dari koleksi Museum Nasional yang sudah disiapkan oleh pihak museum.

Seluruh foto dan data bisa kamu unduh di bit.ly/pamerandarirumah. Setelah itu, kamu bisa cari informasi dan foto pendukung dari apa yang sudah kamu unduh.

Media pameran bisa berupa visual, audio, atau audio visual. Setelah pameran siap, unggah melalui akun Instagram pribadimu dengan mencantumkan tagar #pamerandirumah.

Jangan lupa untuk tag temanmu jika mereka membantu dalam menyumbang foto atau informasi terkait yang berhubungan dengan koleksi yang kamu pilih.

Kurator Museum Nasional akan memilih enam karya pameran terbaik untuk dibagikan hadiah menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com