Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Koleksi ArtScience Museum Singapura via Online, Tertarik?

Kompas.com - 04/05/2020, 08:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comArtScience Museum meluncurkan program daring ArtScience at Home pada April 2020.

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Minggu (3/5/2020), program tersebut memungkinkan museum untuk memamerkan koleksi karya seni secara virtual.

Dalam ArtScience at Home, kamu tidak hanya bisa melihat pameran seni, namun juga bisa mengikuti beberapa program seperti ArtScience Late, Conversation, dan ArtScience on Screen.

“Kami melihat peluncuran ArtScience at Home ini sebagai babak baru yang menarik dalam evolusi ArtScience Museum, dan sebagai ekspresi dari cara kerja yang baru dan berkelanjutan di mana Covid-19 memengaruhi museim di Singapura dan di seluruh dunia,” kata Executive Director ArtScience Museum, Honor Harger.

Baca juga: Ikut Edukasi Online dan Jadi Kurator Seni Museum Nasional, Begini Caranya...

Dia menambahkan, program-program yang disiapkan adalah untuk mengeksplorasi bagaimana mereka beradaptasi dengan masa depan yang tidak pasti.

Menurutnya, lokakarya daring dapat memberikan keluarga kegiatan edukatif dan kreatif untuk dilakukan di rumah. Sementara acara daring dapat mendukung karya seniman lokal.

“ArtScience Museum adalah museum yang selalu membayangkan seperti apa masa depan nanti," kata Harger.

"Program baru ini memungkinkan kita untuk membayangkan masa depan baru bersama dengan audiens kami yang ada di Singapura dan di seluruh dunia,” lanjutnya.

Baca juga: Jelajahi Negeri Ajaib di Museum ArtScience Singapura

ArtScience at Home diluncurkan bersama konferensi online bernama Feeling the Future yang akan berlangsung selama beberapa minggu sejak 28 April.

Melalui Feeling the Future, kamu akan diajak untuk memeriksa kapasitas manusia untuk membayangkan masa depan baru dunia di mana ketidakpastian dan kecemasan merupakan hal lazim.

Dalam konferensi online tersebut, kamu juga akan ditemani oleh beberapa pembicara dari Singapura dan seluruh dunia untuk berbicara mengenai banyak topik.

Beberapa topik yang ditawarkan yakni keberanian emosional dan kesehatan mental, hingga ketahanan sosial dan etika. Kamu juga diajak mengetahui lebih lanjut seputar isu yang sedang relevan.

Baca juga: Mengenang Pahlawan Emansipasi Perempuan di Museum Kartini

Mulai dari bulan Mei hingga seterusnya, museum ini akan memfasilitasi pertunjukan intim yang dilakukan dari ruang keluarga para musisi dan artis setiap Kamis ketiga setiap bulan melalui ArtScience Late.

Dalam program tersebut, ada juga ArtScience Late Jam yang memiliki daftar lagu mingguan yang menampilkan set DJ dan memutar lagu yang diproduksi secara lokal dan alnum indie dari para musisi yang menjadi bagian program tersebut.

Selanjutnya, ArtScience at Home juga berfokus pada pendidikan melalui Tim Edukasi yang akan mengadakan tur pameran virtual dari 2219: Future Imaged dan FUTURE WORLD: Where Art Meets Science.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com