Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Bantu Satwa di Kebun Binatang Se-Indonesia untuk Makan, Ini Caranya

Kompas.com - 04/05/2020, 17:17 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi corona (Covid-19) memengaruhi pada segala lini kehidupan. Seperti pada kebun binatang yang tutup akibat dari penyebaran virus ini.

Akibatnya pengurus kebun binatang kesulitan memenuhi kebutuhan makan para satwa.

Baca juga: Taman Safari Bogor Perpanjang Waktu Tutup, Tetap Prioritaskan Perawatan Satwa

Oleh karena itu, Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) mengadakan aksi donasi kepada semua pihak yang ingin membantu satwa kebun binatang agar bisa bertahan hidup.

Aksi ini dinamakan "Food For Animals" yang sudah dilaksanakan melalui akun media sosial PKBSI, salah satunya Instagram @pkbsi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

[CAMPAIGN FOOD FOR ANIMALS] Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, tidak terkecuali Lembaga Konservasi (LK) atau yg biasa disebut Kebun Binatang. Seluruh LK di Indonesia sudah tutup sejak pertengahan Maret, sementara biaya operasional tetap berjalan untuk pakan, obat-obatan satwa, serta para keeper & dokter hewan yang harus masuk untuk merawat satwa. Jika hal ini terjadi dalam kurun waktu panjang, kondisi satwa koleksi akan semakin mengkhawatirkan. PKBSI sebagai wadah organisasi dari sekitar 60 LK di Indonesia, mengajak kita semua yang peduli pada satwa untuk dapat berkontribusi memberikan donasi berapapun nilainya. Donasi Anda akan kami kelola dan salurkan kepada LK anggota PKBSI yang sangat membutuhkan untuk membantu pembelian pakan dan obat-obatan. Donasi dapat disalurkan melalui : Bank : BNI Cabang : Pasar Mayestik Atas Nama : Perhimpunan Kb. Binatang Se Indonesia No Rekening : 955955206 Swift Code : BNINIDJAPMK Pengelola LK berupaya keras agar semua satwa yang ada di LK tetap dalam kondisi yang baik, dan kita tentu ingin mereka semua tetap baik dan dapat bertahan di tengah situasi ini. Kita sangat mengapresiasi berapa pun nilai donasi Anda! Bantu kami agar #SatwaTetapSehat dengan berdonasi dan share campaign #FoodForAnimals ini! Konfirmasi transfer & informasi lebih lanjut : Sdri. Susi (082112390011) Yonathan (081911368685)

A post shared by Kebun Binatang Se-Indonesia (@pkbsi) on May 1, 2020 at 7:41am PDT

"Kami rindu untuk dikunjungi, namun saat ini kami pun #stayatzoo. Karena keterbatasan yang kami miliki, kami dan teman-teman berharap tetap bisa bertahan. Terima kasih sudah turut memperhatikan kebutuhan pakan kami," tulis akun @pkbsi.

Dihubungi Kompas.com, Sekretaris Jenderal PKBSI Tony Sumampau mengatakan, saat ini memang kondisi dari kebun binatang di Indonesia hampir pada ambang keterpurukan.

Ia mengatakan 56 kebun binatang termasuk Taman Safari terdampak wabah virus corona.

Baca juga: 4 Taman yang Dikelola Taman Safari Indonesia Group Tutup Sementara Waktu

"Tapi ada 4 calon anggota baru kebun binatang. Kami prediksi sebanyak 90 persen kebun binatang akan kewalahan jika kondisi ini masih terus berlangsung hingga akhir Mei, karena itu kami adakan donasi seperti ini untuk minta bantuan semua pihak," kata Tony saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Lanjutnya, semua Lembaga Konservasi (LK) kebun binatang di Indonesia mengelola sebanyak 70.000 ekor satwa terdiri dari 4.300 jenis atau spesies.

Sekelompok gajah tengah bermain air di Taman Safari Bogor. SHUTTERSTOCK/HASIHOLAN SIAHAAN Sekelompok gajah tengah bermain air di Taman Safari Bogor.

Jika kamu ingin memberikan makan untuk para satwa di kebun binatang di Sumatera hingga Papua, bisa mengikuti aksi donasi Food For Animals.

Caranya dengan berdonasi ke nomor rekening BNI 955 955 206 atas nama PKBSI.

Sebagai apresiasi, PKBSI akan memberikan e-certificate kepada para donatur. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi sekretariat PKBSI di nomor Susi 082112390011 dan Yonathan 081911368685.

"Pengelola LK berupaya keras agar semua satwa yang ada di LK tetap dalam kondisi yang baik, dan kita tentu ingin mereka semua tetap baik dan dapat bertahan di tengah situasi ini. Kita sangat mengapresiasi berapa pun nilai donasi Anda! Bantu kami agar #SatwaTetapSehat dengan berdonasi dan share campaign #FoodForAnimals ini!," tulis akun @pkbsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com