Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk, Jangan Keburu Dicuci

Kompas.com - 07/05/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi kentang mentah yang bisa disimpan di suhu ruangan dengan dialasi tisu atau lap kering. PIXABAY/CONGERDESIGNIlustrasi kentang mentah yang bisa disimpan di suhu ruangan dengan dialasi tisu atau lap kering.

JAKARTA,KOMPAS.com - Dalam masa karantina seperti ini, masyarakat dituntut untuk memutar otak agar bahan pangan yang ada di dapur tidak mudah busuk. Sehingga mereka tidak perlu sering keluar rumah dan tetap bisa menjaga jarak fisik.

Baca juga: Terbongkar, Rahasia Resep Kentang Goreng McDonalds

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang sering disimpan di dapur. Rupanya ada cara tersendiri untuk menyimpan kentang supaya bisa awet dan tidak mudah busuk.

Chef Ardian Wahyu Normansyah, Demi Chef de Partie dari Fourpoints by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah membagikan tips dan trik untuk menyimpan kentang dengan baik.

"Kalau kentang utuh mentah harus disimpan di tempat kering, karena faktor penyebab cepat  busuk itu jika ditaruh atau disimpan di tempat lembab," paparnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Kalau kentang belum dikupas atau mentah cukup simpan di ruangan yang kering, jangan sampai terkena air karena bisa menyebabkan kentang busuk.

Kentang mentah yang ditaruh dalam suhu ruangan bisa bertahan selama 1 minggu. Dengan catatan, kentang dialasi tisu kering.

Jangan masukkan kentang mentah pada wadah tertutup kalau disimpan di suhu ruang, karena akan lembab.

Ilustrasi kentang kupas yang bisa disimpan dalam kulkas atau langsung dimasak. PIXABAY/MATTHIAS BOCKEL Ilustrasi kentang kupas yang bisa disimpan dalam kulkas atau langsung dimasak.

Jika telanjur mencuci kentang, jangan simpan kentang tapi langsung dimasak. Kentang yang hendak disimpan lebih baik tidak usah dicuci.

Bila kentang sudah dikupas, Chef Ardian menyarankan untuk segera menyimpannya di freezer supaya kentang bisa lebih awet.

Kentang yang disimpan di freezer  akan bertahan hingga 3 bulan, sedangkan apabila menyimpannya di kulkas hanya dapat bertahan maksimal 3 hari. Setelah itu tekstur kentang menjadi lembek.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X