Kompas.com - 07/05/2020, 21:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali bekerja sama dengan industri hotel untuk menyediakan akomodasi dan transportasi bagi tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien COVID-19.

Hal ini seiring semakin bertambahnya permintaan fasilitas akomodasi bagi tenaga kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, akomodasi tambahan tersebut diperuntukkan bagi 154 tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintoharjo, Jakarta.

Baca juga: Hotel, Restoran, dan Maskapai Penerbangan Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19

Rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan COVID-19. Para tenaga kesehatan itu akan menempati 77 kamar di Hotel Le Meridien, Jakarta.

“Kerja sama dengan pelaku industri pariwisata ini merupakan salah satu misi kemanusiaan. Di samping mendukung industri hotel tetap hidup. Sebab semua pihak harus bersatu bahu-membahu dalam menghadapi pandemi ini,” ujar Wishnutama saat meninjau kesiapan Hotel Le Meridien, Rabu (6/5/2020) sore, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Wishnutama mengatakan, tidak hanya akomodasi, fasilitas dan kebutuhan pendukung bagi para tenaga kesehatan selama menginap juga disiapkan.

Mulai dari binatu untuk pakaian, makanan, serta layanan transportasi dengan Grab pun disediakan setiap harinya bagi para tenaga kesehatan dari RSAL Dr. Mintoharjo.

“Kami terus memfasilitasi permintaan dari RS untuk menyediakan akomodasi bagi tenaga kesehatan. Langkah ini sama artinya dengan upaya nyata bagi penerapan program-program yang sifatnya jaring pengaman untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Wishnutama.

Dalam kesempatan itu Wishnutama meninjau kesiapan dan standar operational procedure (SOP) kesehatan yang diterapkan pihak Hotel Le Meridien. Mulai dari proses check in, kebersihan kamar, pelayanan makanan dan lainnya.

General Manager Le Meridien Jakarta, Vikas Malik mengatakan, kerja sama ini jadi kesempatan baik bagi pihaknya tidak hanya dalam kelangsungan bisnis tetapi juga membantu dalam penanganan COVID-19 dengan menyiapkan akomodasi bagi tenaga kesehatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.