McDonald's, Texas Chicken, KFC, Wendy's, A&W: Manakah Restoran Cepat Saji Pertama di Indonesia?

Kompas.com - 08/05/2020, 20:38 WIB
Ilustrasi salah satu gerai McDonalds di Yogyakarta dengan desain bangunan menarik, (2382019). SHUTTERSTOCK/BRAMANYUROIlustrasi salah satu gerai McDonalds di Yogyakarta dengan desain bangunan menarik, (2382019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memiliki beberapa restoran cepat saji yang sudah ada sejak lama. Bahkan mungkin restoran tersebut sudah berdiri sebelum kamu lahir.

Baca juga: Restoran Pertama McDonalds Indonesia di Sarinah Thamrin Resmi Tutup pada 10 Mei 2020

Ada pun beberapa restoran cepat saji di Indonesia di antaranya adalah McDonald’s, Texas Chicken, KFC, Wendy’s, dan A&W.

Namun di antara yang telah disebutkan, siapa yang hadir pertama di Indonesia?

KFC: 1970an

Berdasarkan pantauan Kompas.com melalui situs resmi KFC, Jumat (8/5/2020), jaringan restoran cepat saji tersebut merupakan yang pertama buka di Indonesia.

Pada Oktober 1979, KFC membuka gerai pertamanya di Jalan Melawai di Jakarta. Melihat kesuksesannya, mereka membuka gerai lainnya di area lain di Jakarta.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan ekspansi ke beberapa kota besar lain seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.

Pada 2020, KFC berhasil membuka 689 gerai di Indonesia. Sebanyak 127 gerai ada di Pulau Sumatera, 417 gerai di Pulau Jawa, dan 32 gerai di Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya ada 17 gerai di Maluku dan Papua, 53 gerai di Pulau Sulawesi, dan 43 gerai di Pulau Kalimantan.

Gerai KFC di Bandung, Jawa Barat.Dok. Shutterstock/Aljofoto Gerai KFC di Bandung, Jawa Barat.

Dari tahun ke tahun, restoran cepat saji tersebut kerap mengeluarkan berbagai macam pilihan produk.

Namun, Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy tetap menjadi produk ayam goreng yang paling disukai oleh konsumennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X