Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airy Tutup Mulai 31 Mei 2020, Bagaimana Kondisi Mitra Hotel Airy?

Kompas.com - 09/05/2020, 19:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan hotel berbasis digital, Airy Room, tutup operasional mulai 31 Mei 2020.

Keputusan ini termuat dalam email Airy yang dikirimkan ke mitra bisnis Airy. Seperti dikutip Kompas.com dari isi email tersebut, tercantum adanya pengakhirian perjanjian kerha sama antara Airy dan mitra kerja seperti pemilik properti.

"Pengakhiran ini akan berlaku efektif per tanggal 31 Mei 2020 ("Tanggal Efektif Pengakhiran"). Adapun pengakhiran ini disebabkan karena Airy dengan berat hati, memutuskan untuk menghentikan operasional kami secara permanen," tulis Airy.

Dalam surat tersebut, pihak Airy, mengaku telah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mengatasi dampak dari bencana nasional ini.

Kendati demikian, melihat adanya penurunan bisnis secara signifikan serta berkurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, Airy memutuskan untuk menghentikan kegiatan usaha secara permanen.

"Oleh sebab itu, setelah tanggal 31 Mei 2020, kami tidak dapat lagi memberikan jasa bagi seluruh mitra kami," tulisnya.

Sementara itu, pihak Airy saat dihubungi Kompas.com untuk mendapatkan konfirmasi mengenai tutupnya Airy, menyatakan belum dapat merespon hal tersebut.

"Sementara waktu kami belum bisa merespon pertanyaan/permintaan Anda. Segera setelah semua final, kami akan mengomunikasikannya," tulis PR Manager Airy Vinda Mudita melalui email kepada Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Baca juga: Airy Rooms Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

Kondisi properti Airy

Kompas.com sempat mendatangi dua penginapan Airy yang berada di kawasan Kebayoran Lama, perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Menurut Is, salah satu pekerja di Airy Syariah Kebayoran Lama KPBD 11 Jakarta Barat, kondisi penginapan sudah tidak beroperasi sejak dua bulan terakhir.

Kondisi ini sudah terjadi sejak awal Maret lalu, yaitu saat dinyatakan Indonesia positif virus corona.

"Kalau ini memang sudah tutup dari dua bulan lalu. Pokoknya pas ada corona itu, langsung tutup. Tapi dari Airy-nya katanya memang sudah ada surat untuk disuruh tutup permanen akhir bulan ini," kata Is kepada Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Tak hanya di satu tempat, kondisi yang sama juga terjadi di Airy Kebayoran Lama Seha 6 Jakarta Selatan.

Kompas.com menemui salah seorang petugas keamanan Airy, Marna. Ia mengatakan, penginapan Airy di tempatnya bekerja sudah tutup sejak virus corona mewabah di Indonesia.

Baca juga: Kiprah Airy Rooms, Dirintis 2015, Tutup Permanen 31 Mei 2020 akibat Pandemi Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com