Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi, Perhatikan Tekstur Nasi

Kompas.com - 10/05/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi semangkuk nasi putih. PIXABAY/SPENCER WINGIlustrasi semangkuk nasi putih.

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kamu punya nasi sisa? Jangan asal menyimpannya. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menyimpan nasi agar tidak mudah basi.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Nasi Jadi Cepat Basi

Frederick D. Turambi, Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta membagikan tips bagaimana cara menyimpan nasi agar tidak basi.

Pertama-tama saat hendak menyimpan nasi lihat terlebih dahulu tekstur nasi.

Apakah nasi tersebut adalah nasi pulen yang memiliki kadar air tinggi dan cenderung lembek. Atau, nasi yang memiliki kadar air sedikit dan teksturnya agak kering, biasanya nasi ini digunakan untuk membuat nasi goreng.

Nasi pulen lebih tinggi potensinya untuk basi daripada nasi bertekstur kering.

"Kalau nasi pulen bisa simpan di freezer, karena kalau kita simpan di freezer, nasi pulen tidak mudah basi. Jika nasi yang kadar airnya rendah kamu bisa menyimpannya di chiller," jelas Chef Frederick kepada Kompas.com, (10/5/2020).

Ilustrasi semangkuk nasi putih dicampur nasi hitam. PIXABAY/EUNYOUNG LEE Ilustrasi semangkuk nasi putih dicampur nasi hitam.

Menyimpan nasi dalam frezeer atau chiller harus menunggu nasi memiliki suhu ruangan.

Tidak disarankan memasukkan nasi panas ke dalam frezeer atau chiller. Pasalnya nasi dapat mengeluarkan uap dan akan menimbun bintik-bintik air di bagian tutup nasi. Butiran uap air itu yang akan menyebabkan nasi cepat basi.

Setelah itu kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah plastik atau mangkuk dan di-wrap bagian atasnya. Pastikan nasi disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Jika disimpan di dalam chiller atau frezeer, nasi bisa bertahan selama satu malam, setelah itu disarankan untuk segera dikonsumsi.

Ilustrasi nasi sedang dimasak. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi nasi sedang dimasak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X