Kangen Kuliner Nusantara Saat Ramadhan di Australia, Warga Indonesia Ini Rela Berburu Sate Padang Enak di Lakemba

Kompas.com - 10/05/2020, 11:11 WIB
Panorama Sydney Opera House di kala matahari terbenam, (22/8/2010). SHUTTERSTOCK/LAUREN ORRPanorama Sydney Opera House di kala matahari terbenam, (22/8/2010).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Ramadhan, pedagang biasanya menjajakan beragam hidangan takjil dan buka puasa di pasar Ramadhan. Pemandangan seperti ini biasa terlihat di Indonesia kala sore menjelang waktu berbuka puasa.

Namun bagaimana dengan di luar negeri? Apakah pasar Ramadhan juga ada?

Baca juga: Kisah Warga Indonesia Puasa di Norwegia, Makan Kolak Jadi Obat Kangen Takjil Nusantara

Ternyata hal yang sama juga tampak di Lakemba, negara bagian New South Wales, Australia. Letaknya berada di pinggiran barat daya Sydney, menjadi salah satu tujuan favorit orang Indonesia untuk mencari hidangan buka puasa.

Salah satu cerita datang dari seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Andi Delilah yang sudah tinggal di Sydney selama 2,5 tahun. Ia mengaku biasa buka puasa bersama teman-temannya di Lakemba.

"Biasanya kita suka ke sana, buka bersama, coba-cobain makanan Timur Tengah, atau makan Sate Padang yang paling enak di Lakemba. Sekalian bayar zakat, sekalian belanja daging halal," kata Delilah saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Makanan Timur Tengah yang dijual di Ramadhan Nights, Lakemba, Australia.Dokumentasi pribadi Andi Delilah Makanan Timur Tengah yang dijual di Ramadhan Nights, Lakemba, Australia.

Delilah menceritakan mengapa Lakemba menjadi daerah yang banyak menyediakan halal untuk berbuka puasa dan juga kuliner Indonesia.

Kata dia, Lakemba merupakan daerah yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Orang Islam tak akan kesulitan mencari masjid di sana, karena jumlahnya banyak.

Selain itu, hampir semua restoran atau toko makanan menjual daging halal, kata Delilah.

"Jadi di sana, tiap bulan puasa ada Ramadhan Nights, pas buka puasa satu jalan besar ditutup dan diisi banyak tenant makanan gitu," terangnya.

Baca juga: Sulitkah Mencari Kurma di Australia? Ini Kata Orang Indonesia yang Puasa di Sana

Suasana setelah shalat Id di Lakemba Mosque, Sydney, Australia, Minggu (25/6/2017) pagi waktu setempat.Didik Prasetyo Suasana setelah shalat Id di Lakemba Mosque, Sydney, Australia, Minggu (25/6/2017) pagi waktu setempat.

Ia mengungkapkan, lokasi Lakemba tak begitu jauh dari domisilinya, Sydney. Hanya sekitar 30 menit menggunakan kereta dari Stasiun Central.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X