Cara Aman Menghangatkan Nasi Beku, Jangan Masukkan ke Rice Cooker

Kompas.com - 11/05/2020, 13:13 WIB
Ilustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu. PEXELS/HUY PHANIlustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu memiliki nasi sisa yang dibekukan di frezeer atau chiller? Lalu bingung bagaimana cara tepat untuk menghangatkan kembali nasinya?

Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menghangatkan nasi beku supaya kualitasnya tetap terjaga.

Baca juga: Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi, Perhatikan Tekstur Nasi

Frederick D. Turambi, Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta membagikan tips bagaimana cara menghangatkan nasi beku setelah disimpan di frezeer.

"Kalau nasi dari frezeer itu bisa dihangatkan dengan kukusan, jangan masukkan ke pemanas lagi seperti rice cooker, microwave," jelasnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Saat memanaskan nasi beku sebaiknya menggunakan kukusan, karena di sana ada tenaga  panas yang langsung menggunakan uap dari air mendidih.

Uap air pada kukusan dapat membantu proses pemanasan lebih efektif sehingga semua butiran nasi bisa panas merata.

Proses tersebut membantu nasi bisa panas secara maksimal. Berbeda cerita jika nasi beku yang dipanaskan dalam rice cooker.

Ilustrasi nasi sedang dimasak. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi nasi sedang dimasak.

"Kalau masukkin ke rice cooker proses panasnya akan berbeda, dia akan menggunakan tenaga listrik," jelas Frederick.

Suhu panas dari rice cooker kurang maksimal untuk membuat nasi panas kembali. Sehingga butiran nasi tidak bisa panas secara merata.

Kalau di rice cooker memanaskannya, juga bisa membuat kualitas nasi berkurang dan nasi tidak bisa bertahan lama.

Baca juga: Nasi Sisa Jangan Dibuang, Bikin Jadi Cireng

Ilustrasi semangkuk nasi putih. PIXABAY/SPENCER WING Ilustrasi semangkuk nasi putih.

Selain tidak bisa panas maksimal, nasi yang dipanaskan dalam rice cooker, memiliki potensi untuk cepat basi.

Pasalnya, uap dingin yang ada di nasi itu dengan uap panas dari rice cooker tidak sebanding, walaupun sudah dihangatkan.

Uap dingin akan menempel di bagian atas rice cooker dan dapat jatuh ke dalam nasi, sehingga air tersebut bisa menyebabkan nasi basi.

"Cara yang paling baik ketika ingin menjaga nasi tetap hangat di rice cooker adalah dengan memanaskan terlebih dahulu nasi dalam kukusan dan bisa dimasukkan ke rice cooker. Hasilnya akan lebih bagus dari pada langsung dipanaskan di rice cooker," papar Chef Frederick.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X