Takjil khas Indonesia yang Mudah Ditemui di Australia

Kompas.com - 11/05/2020, 23:01 WIB
Es campur, es buah, es teller dan es tape ketan item di Depot Es Taloen, Kota Malang, Minggu (29/4/2018). Depot itu terkenal karena menu esnya. KOMPAS.com/ANDI HARTIK Es campur, es buah, es teller dan es tape ketan item di Depot Es Taloen, Kota Malang, Minggu (29/4/2018). Depot itu terkenal karena menu esnya.


JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan atau minuman yang disajikan saat berbuka puasa biasanya berbeda di setiap daerah Indonesia.

Namun ada beberapa makanan atau minuman yang mudah ditemui di berbagai daerah.

Hidangan ini akhirnya identik dengan takjil khas Tanah Air, seperti kurma, es buah, cincau, kolak, dan gorengan.

Tampaknya makanan itu tak hanya ada di Indonesia saja. Takjil serupa juga dikonsumsi orang Indonesia yang ada di Australia, salah satunya Andi Delilah.

Wanita yang sudah tinggal 2,5 tahun di Forestville, Sydney, Australia, mengaku biasa berbuka puasa dengan makanan khas Indonesia.

Baca juga: Cerita Orang Indonesia Puasa di Jepang, Jadi Kangen Makan Mi Glosor

"Biasanya makanan pembuka atau minuman manisnya saja yang Indonesia, kayak bikin klepon, cincau, es buah, atau sirup sama nata de coco juga sudah senang," kata Delilah saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Selain itu, ia juga mengatakan untuk makanan inti, biasa memasak selang-seling antara makanan Indonesia, Barat, Jepang, dan lainnya.

Jika sedang memasak masakan Indonesia, Delilah menggunakan bumbu kemasan siap masak.

Sebab bumu siap masak terbilang praktis, dengan aneka rempah dan bumbu yang sudah menjadi satu.

Kue KleponAlbert Supargo Kue Klepon
Delilah menyebutkan sebenarnya tak sulit menemukan rempah dan bumbu dapur di toko Indonesia atau Asia di Australia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X