Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disneyland Shanghai Mulai Buka Kembali dengan Aturan Khusus

Kompas.com - 12/05/2020, 07:30 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Setelah tutup sementara sejak 25 Januari 2020, Disneyland Shanghai mulai buka kembali pada 11 Mei 2020.

Langkah ini dilakukan karena mulai meredanya aturan lockdown di China. Disney akan mulai membuka sebagian dari taman tematik mereka untuk para pengunjung di bawah aturan keamanan yang sudah ditingkatkan.

Dilansir dari Lonely Planet, CEO Disney Bob Chapek mengatakan pada Selasa (5/5/2020), Disneyland Shanghai akan jadi yang pertama dari 12 taman tematik lain yang akan dibuka kembali.

Pemerintah China membatasi kapasitas taman tersebut hanya sebesar 30 persen saja, atau sekitar 24.000 pengunjung.

Baca juga: Pemesanan Kamar Hotel di China Mulai Alami Peningkatan

Namun Chapek mengatakan, Disneyland Shanghai akan beroperasi dengan kapasitas jauh di bawah ketentuan tersebut pada hari pertama pembukaan.

Biasanya, Disneyland Shanghai bisa menerima sekitar 80.000 pengunjung setiap harinya sebelum pandemi corona berlangsung.

“Kami tahu seberapa besar para pengunjung sudah menunggu untuk bisa kembali ke Disneyland Shanghai, dan tim kami pun sangat bersemangat untuk mulai menerima kembali mereka,” ujar Chapek dalam sebuah rilis.

“Dengan taman dibuka kembali di bawah kebijakan keamanan dan kesehatan yang sudah ditingkatkan, pengunjung kami akan tetap bisa menikmati Disneyland Shanghai yang magis dan tak terlupakan seperti biasanya.”

Baca juga: Gambaran Kehidupan di China Setelah Pandemi, Restoran dan Tempat Wisata Tetap Menerapkan Prosedur Kesehatan

Orang-orang mengunjungi pembukaan Disney-Pixar Toy Story Land di Shanghai Disneyland, China, (26/4/2018).)Aly Song/REUTERS Orang-orang mengunjungi pembukaan Disney-Pixar Toy Story Land di Shanghai Disneyland, China, (26/4/2018).)
Selain pembatasan, para pengunjung juga diharuskan untuk membeli tiket masuk yang berlaku hanya pada tanggal yang sudah tertera. Bagi para pemegang Annual Pass juga harus melakukan reservasi lebih dahulu.

Kebijakan physical distancing juga akan diamati di seluruh taman, dengan para tamu diharuskan berjarak sekitar dua meter satu sama lain saat sedang di wahana, restoran, dan fasilitas lainnya.

Langkah pembersihan dan disinfektan yang sudah ditingkatkan juga akan dilakukan.

Baca juga: Masjid Huaisheng, Masjid Tertua di China yang Terkenal dengan Menara Mercusuarnya

Selain itu, semua tamu dan karyawan juga diharuskan untuk menggunakan masker, diperiksa suhu tubuhnya sebelum kedatangan, dan menggunakan aplikasi pelacak yang akan mendeteksi apakah mereka berjarak terlalu dekat dengan orang yang mungkin terinfeksi.

Tim Disneyland Shanghai juga akan menerima pelatihan soal prosedur, yang di dalamnya termasuk penekanan soal interaksi dengan tamu tanpa kontak.

Pada 9 Maret 2020, Disneyland Shanghai sudah membuka beberapa fasilitas belanja dan tempat makan. Sementara resor di Hong Kong telah membuka hotel-hotel mereka.

Namun, semua taman Disney di Amerika Utara, Eropa, dan Asia telah ditutup selama lebih dari satu bulan.

Baca juga: Libur Panjang, 85 Juta Wisatawan China Tercatat Plesiran di Negaranya

Belum ada informasi mengenai kapan taman-taman tersebut akan kembali dibuka. Namun dengan dibukanya Disneyland Shanghai, bukan tidak mungkin taman-taman lainnya di dunia akan mencontoh prosedur keamanan yang diterapkan di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com