Italia Mulai Membuka Museum pada 18 Mei 2020

Kompas.com - 12/05/2020, 23:01 WIB
Ilustrasi Italia. shutterstock.com/prochassonIlustrasi Italia.

KOMPAS.com – Italia secara resmi memasuki fase dua darurat Covid-19. Artinya, karantina wilayah atau lockdown sedikit dilonggarkan.

Negara tersebut membuka kembali tempat-tempat umum secara perlahan, termasuk museum dan situs arkeologi.

Pemerintah Italia, mengutip Lonely Planet, Jumat (8/5/2020), mengatakan bahwa museum bebas untuk dibuka kembali pada 18 Mei 2020.

Namun, pihak museum harus bisa menjamin pengamatan langkah-langkah keamanan dan jaga jarak sosial.

Baca juga: Pengalaman Ikut Tur Virtual di Sumba, Simulasi Liburan 3 Hari 2 Malam

 

Hal ini berarti tidak semua museum bisa menyambut pengunjung kembali pada pertengahan Mei.

Beberapa di antara, seperti taman arkeologi Pompeii dan Villa Adriana di Tivoli akan dibuka. Dua situs ini berada di luar ruang sehingga memiliki keuntungan tersendiri.

Sementara untuk Uffizi Gallery Museum di Firenze yang merupakan salah satu museum seni tertua di dunia, proses pembukaan kembali akan jauh lebih sulit.

Sebelum pandemi berlangsung, kurang dari 1.000 orang diperbolehkan masuk museum pada waktu bersamaan.

Hal ini akan membuat koordinasi untuk fase dua jauh lebih sulit karena lingkungan museum yang tak kondusif untuk penjagaan jarak sosial. 

Pompeii Kuno, Situs Warisan Dunia UNESCO. Pompeii Kuno, Situs Warisan Dunia UNESCO.

Menteri Kebudayaan Dario Franceschini baru-baru ini menuturkan tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan penumpukan (decongest) tempat wisata paling populer. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X