5 Sajian Takjil Khas Aceh, dari yang Manis Legit sampai Pedas Penuh Rempah

Kompas.com - 13/05/2020, 16:54 WIB
Leumang merupakan salah satu jajanan khas bulan Puasa di Aceh, makanan yang memiliki cita rasa gurih ini berbahan utama beras dan ketan yang masukkan kedalam potongan bambu  kemudian dimasak dengan menggunakan bara api dipanggang hingga matang mulai dari pagi hingga sore hari. Jum,at (18/05/18).  Usaha leumang Wak Afsah ini hanya dijual pada saat bulan pusa di jalan Syiah Kula, Banda Aceh. harganya juga terblang ekonomis mulai dari potongan irisan kecil seharga Rp.10 ribu hingga Rp100 ribu perbambu. RAJAUMAR/KOMPAS.COMLeumang merupakan salah satu jajanan khas bulan Puasa di Aceh, makanan yang memiliki cita rasa gurih ini berbahan utama beras dan ketan yang masukkan kedalam potongan bambu kemudian dimasak dengan menggunakan bara api dipanggang hingga matang mulai dari pagi hingga sore hari. Jum,at (18/05/18). Usaha leumang Wak Afsah ini hanya dijual pada saat bulan pusa di jalan Syiah Kula, Banda Aceh. harganya juga terblang ekonomis mulai dari potongan irisan kecil seharga Rp.10 ribu hingga Rp100 ribu perbambu.


JAKARTA, KOMPAS.com – Sajian takjil khas Aceh beragam jenisnya. Mulai dari sajian penuh rempah sampai sajian manis legit yang nikmat di lidah.

Beberapa sajian ini hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan saja, tetapi ada juga yang memang jadi favorit masyarakat di hari-hari biasa.

Ketua Yayasan Argadia Citra Indonesia Provinsi Aceh, Elvirawati, yang juga mantan Ketua Pemberdayaan Perempuan Kota Banda Aceh menjelaskan lima sajian takjil Aceh.

Baca juga: 5 Hidangan Takjil Khas Riau, Sebagian Besar Terbuat dari Tepung Sagu

 

Takjil ini sering diburu oleh masyarakat di lapak penjual makanan takjil, tersebar di penjuru Aceh.

1. Leumang

Leumang merupakan sajian yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk kemudian dibakar.

“Karena itu leumang memiliki wangi yang khas dan rasa yang sangat gurih. Leumang kerap disajikan dengan selai atau air tebu untuk makanan saat berbuka puasa,” ujar wanita yang akrab disapa Elvira ini pada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Hidangan satu ini juga lazim ditemui di kota-kota Sumatera lainnya.

2. Bubur kanji rumbi

Bubur Kanji RumbiDok. Shutterstock Bubur Kanji Rumbi

Kanji rumbi adalah hidangan khas Aceh yang memang biasanya hanya disajikan saat bulan Ramadhan, khususnya untuk berbuka puasa.

“Makanan ini terbuat dari beras dan bermacam rempah-repah yang direbus atau dimasak hingga menjadi bubur," jelas Elvira.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X