Intip Masjid Tertua di Cirebon Lewat Tur Virtual, Simak Caranya

Kompas.com - 14/05/2020, 10:20 WIB
Tajug Merah Panjunan di Cirebon. dok. Jasa WisataTajug Merah Panjunan di Cirebon.

JAKARTA, KOMPAS.com – Cirebon merupakan salah satu dari pusat penyebaran agama Islam oleh Sunan Gunung Jati.

Tidak heran jika Cirebon memiliki beberapa masjid yang sudah berdiri sejak berabad-abad lalu. 

Ada pun masjid yang dimaksud di antaranya adalah Tajug Pejlagrahan, Tajug Agung Pangeran Kejaksan, dan Tajug Merah Panjunan.

Jika tertarik melihat ketiga masjid tersebut, kamu bisa ikuti tur virtual berbayar yang diadakan oleh Jasa Wisata Tour dan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Cirebon pada Sabtu, 16 Mei 2020 pukul 16:00 – 16:40 WIB melalui Zoom.

Direktur Jasa Wisata Tour yang juga Sekretaris Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPC Wilayah III Jawa Barat, Imas Kurniawati, menuturkan, tur virtual diadakan karena adanya penurunan dalam dunia pariwisata.

“Ide tur virtual bukan semata-mata untuk mendapatkan uang, tapi yang lebih mendalam karena keprihatinan kami terhadap pariwisata yang sepi. Tidak hanya pelaku, tapi eksistensi pariwisata yang hilang,” tutur Imas saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Pengalaman Ikut Tur Virtual di Sumba, Simulasi Liburan 3 Hari 2 Malam

Di tengah pandemi virus corona, tur virtual dianggap sebagai sebuah kontribusi kecil bagi industri pariwisata.

Menurut Imas, hal tersebut menunjukkan, industri pariwisata masih bernafas dan bernyawa, sehingga saat pandemi usai, masyarakat tidak kaget untuk berwisata kembali.

Baca juga: Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon, Ternyata Pakai Tahu Putih

Tur virtual menjelajahi tiga masjid tertua di Cirebon memiliki konsep yang sedikit berbeda. Selain ada pemandu dan Google Maps, Jasa Wisata Tour dan DPC HPI Cirebon akan menampilkan foto dan video yang sudah diambil sebelumnya.

“Iya kita mengambil ulang video (karena materi tidak tersedia di Google). Makanya puasa ini explore yang dekat-dekat dulu supaya tidak capek. So far evaluasi dari peserta yang ikut, baru kita yang lengkap banget materinya,” kata Imas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X