Viral Foto Antrean di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Ini Penerapan Jaga Jarak di Bandara

Kompas.com - 14/05/2020, 16:46 WIB
Sejumlah calon penumpang antre untuk lapor di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menghentikan sementara aktivitas penerbangan komersial terjadwal baik dalam dan luar negeri terhitung mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Hal tersebut merupakan bagian dari pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H untuk mencegah penyebaran Covid-19. ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBALSejumlah calon penumpang antre untuk lapor di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menghentikan sementara aktivitas penerbangan komersial terjadwal baik dalam dan luar negeri terhitung mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Hal tersebut merupakan bagian dari pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H untuk mencegah penyebaran Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Kamis (14/5/2020) viral foto yang menunjukkan adanya antrean panjang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Antrean tersebut terjadi mulai 04.00 WIB. Sekitar satu jam kemudian, antrean diklaim sudah tidak terjadi lagi hingga saat ini.

Baca juga: Viral Foto Antrean di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Ini Penjelasan AP II

Lantas, seperti apa panduan jaga jarak aman di bandara AP II? Berikut implementasi jaga jarak yang telah Kompas.com rangkum melalui situs resminya:

  1. Penempelan sejumlah garis kuning di lantai setiap titik antrean berjarak 1 meter.
  2. Penempelan sejumlah garis kuning di lantai menuju pos pemeriksaan keamanan (security check point).
  3. Penempelan sejumlah garis kuning di lantai fixed bridge dan garbarata guna memisahkan jarak penumpang saat antre proses naik pesawat.
  4. Adanya batas berdiri di setiap lift di terminal.
  5. Panduan bagi setiap individu di setiap lift di terminal untuk tidak saling bertatap muka, atau wajib menghadap ke dinding dan pintu lift.
  6. Penataan kembali kursi di ruang tunggu dengan jarak yang cukup antar penumpang.
  7. Pemberlakuan Minimum Operation dengan menutup Terminal 1B, 1C, dan 2F. Namun pelayanan selama 24 jam berada di Terminal 1A, 2D, 2E, dan seluruh Terminal 3.
  8. Customer Asisstant dialihfungsikan menjadi Virtual Customer Assistant (VICA) lewat video call di aplikasi Indonesian Airports (INAirports). Tersedia di iOS dan Android.

Kondisi sepi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/5/2020).DOK. ANGKASA PURA II Kondisi sepi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/5/2020).

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa antrean terjadi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Senio Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga menuturkan, personel AP II berupaya penuh mengatur antrean.

Kendati demikian, para calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

“Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 – 08.00 WIB,” kata Febri dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

“Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan dua penerbangan Citilink,” imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Suasana di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) pagi. photo @fahlevi.rezaaa #jktinfo

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on May 13, 2020 at 9:02pm PDT

Posko pemeriksaan dokumen perjalanan penuh lantara calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check-in pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan.

Ada pun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain adalah tiket penerbangan, surat keterangan dinas, dan surat bebas Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X