Pengalaman Penumpang di Tengah Padatnya Antrean Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 14/05/2020, 19:00 WIB
Di media sosial Twitter beredar gambar penumpukan penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/5/2020). TwitterDi media sosial Twitter beredar gambar penumpukan penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah foto yang menunjukkan antrean panjang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendadak viral, Kamis (14/5/2020).

Antrean tersebut dikatakan terjadi mulai 04.00 WIB. Sementara pukul 05.00 WIB, antrean diklaim PT Angkasa Pura II (Persero) sudah tidak terjadi lagi hingga saat ini.

PT Angkasa Pura II, melalui keterangan pers yang Kompas.com terima, menginformasikan bahwa antrean terjadi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Seorang calon penumpang bernama Tri Handayani menceritakan pengalamannya kepada Kompas.com saat berada di tengah keramaian tersebut.

Tri mengungkapkan bahwa dirinya tiba di bandara pukul 04.00 WIB untuk terbang ke Ternate terkait bisnis rempah.

Baca juga: Viral Foto Antrean di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Ini Penerapan Jaga Jarak di Bandara

“Bikin kesal ya. Saya awalnya kira bakal sepi-sepi saja. Sampai di bandara jam 4 pagi karena jadwal pesawat jam 7 pagi. Tapi pas sampai Terminal 2E, ternyata antrean untuk screening penumpang sudah panjang banget,” kata Tri saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Tri menuturkan bahwa dirinya baru bisa menaiki pesawat pukul 07.30 WIB. Terlambat 30 menit dari jadwal sebelumnya.

Maskapai penerbangan yang ditumpanginya, Batik Air, harus mengundurkan waktu keberangkatan akibat panjangnya antrean pemeriksaan penumpang pesawat.

Ada pun proses pemeriksaan yang disebutkan oleh Tri mencakup pemeriksaan dokumen yang diperlukan oleh petugas maskapai penerbangan.

Kondisi sepi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/5/2020).DOK. ANGKASA PURA II Kondisi sepi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/5/2020).

“Terus antre lagi untuk divalidasi oleh tim kesehatan dicek suhu, saturasi, nadi, dan pengecekan dokumen. Serta hasil tes Covid-19 yang sudah saya lakukan sebelumnya," cerita Tri. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X