Pemulihan Pariwisata karena Corona Bisa Belajar dari Krisis Masa Lalu, Apa yang Diusulkan?

Kompas.com - 17/05/2020, 07:31 WIB
Ilustrasi Pariwisata Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi Pariwisata Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terdampak dari wabah virus corona di dunia.

Oleh karena itu, para pegiat pariwisata global tengah berfokus untuk memulai kembali sektor ini.

Presiden dan CEO World Travel & Tourism Council (WTTC) Gloria Guevara mengatakan, pada tahap pemulihan pariwisata, dunia bisa belajar dari krisis yang terjadi di masa lalu.

"Kita telah belajar dari masa lalu, terutama setelah tragedi 9/11, di mana kurangnya koordinasi antara pemerintah dan dengan sektor swasta. Hasilnya proses penanganan sangat lambat dan berdampak pada pemulihan," kata Gloria dalam telekonferens Indonesia Tourism Forum (ITF) bertajuk "Changes of The Tourism Paradigm in the Era of New Normal", Jumat (15/5/2020).

Lanjutnya, pariwisata global dapat belajar dari krisis tersebut terutama dalam hal koordinasi dan penyelarasan sektor perjalanan dan pariwisata.

Hal tersebut berguna untuk membantu membangun kembali kepercayaan bersama antarapemerintah dan sektor swasta.

Baca juga: Protokol New Normal Dapat Jadi Nilai Tambah untuk Jual Produk Wisata

Gloria juga mengusulkan empat langkah untuk proses pemulihan atau recovery pariwisata global yang lebih cepat.

"Pertama adalah kolaborasi publik dan masing-masing pribadi yang paling penting. Kemudian, meningkatkan pengalaman perjalanan yang lancar saat ini, merangkul standar dan protokol global untuk memastikan pembangunan kembali kepercayaan para pelancong," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengusulkan adanya pembuatan teknologi baru yang dapat memungkinkan melacak kontak fisik setiap orang.

Adapun alat tersebut nantinya dapat diuji dalam koordinasi dengan standar setiap sektor.

Gloria juga menuturkan perihal prinsip pemulihan atau recovery. Dalam pemaparannya, ia menunjukkan ada empat prinsip yang perlu diperhatikan sektor pariwisata global dalam menghadapi pemulihan.

Baca juga: Hadapi Era New Normal, Pelaku Pariwisata Perlu Siapkan Protokol Kesehatan

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X