Persiapan Bikin Kue Lebaran, Kenali Perbedaan Mentega dengan Margarin

Kompas.com - 18/05/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi mentega ShutterstockIlustrasi mentega

KOMPAS.com – Mentega (butter) dan margarin kerap kali digunakan untuk membuat beragam roti maupun kue.

Bentuk mentega dan margarin sekilas sama tapi sebenarnya kedua produk ini punya perbedaan yang cukup signifikan.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Mentega, Makanan ala Anak Kos yang Mudah Dibuat

Dilansir dari The Kitchn, perbedaan utama margarin dan mentega adalah bahan pembuatan produk tersebut yang berdampak pada lemak jenis apa yang terkandung pada keduanya.

Apa itu mentega?

Mentega adalah produk berbahan dasar susu yang diproses dengan mengocok susu atau krim.

Proses pengocokan ini akan memisahkan lemak susu atau bagian padat dari susu atau krim tersebut dengan buttermilk atau bagian cairnya.

Mentega yang biasanya kita beli terbuat dari susu sapi. Namun ada jenis mentega lainnya yang dibuat dari susu domba, kambing, yak, atau kerbau.

Biasanya mentega berwarna kuning pucat, tapi ada juga yang berwarna kuning tua, semua itu tergantung pada makanan yang dikonsumsi binatang yang susunya diolah menjadi mentega.

Maka dari itu, karena hanya terbuat dari satu jenis bahan, mentega bisa dibuat sendiri di rumah.

Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue. SHUTTERSTOCK/SEA WAVE Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue.

Kamu mungkin pernah menemukan bungkus mentega yang bertuliskan “mentega krim manis”.

Ini mengindikasikan bahwa krim yang digunakan untuk membuat mentega tersebut sudah dipasteurisasi atau dipanaskan lebih dahulu untuk membunuh patogen dan mencegah pembusukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X