Tiket Pesawat Sekarang Sudah Bisa Dibeli di Travel Agent

Kompas.com - 18/05/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi: Lion Air KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIIlustrasi: Lion Air

JAKARTA, KOMPAS.comTravel agent di Indonesia akhirnya mendapat angin segar, mereka kini bisa menjual tiket pesawat kepada calon penumpang. 

“Untuk kebijakan secara tertulis belum ada. Tapi beberapa maskapai sudah membuka channel-nya di masing-masing portal travel agent, sehingga travel agent sudah mulai bisa melakukan reservasi dan mengeluarkan tiket,” kata General Assistant Astindo, Jeffry Darjanto, kepada Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Adapun maskapai penerbangan yang dimaksud adalah Lion Air Group dan Sriwijaya Group.

Sementara Garuda Indonesia Group hanya bisa memesan dari sekarang untuk keberangkatan di atas 2 Juni 2020.

Baca juga: Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA di Pintu Bandara, Seperti Apa?

Kendati pemesanan tiket sudah bisa dilakukan di travel agent, namun Jeffry menuturkan bahwa perjalanan udara tetap mengacu pada peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan maskapai penerbangan terkait.

Endapan dana travel agent bisa digunakan

Sebelumnya travel agent tidak dapat menjual tiket pesawat, karena setelah maskapai diizinkan terbang pada Kamis (7/5/2020) tiket hanya bisa dibeli di maskapai langsung.

Saat itu Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Pauline Suharno, menyayangkan kebijakan tersebut.

Pihaknya mengirimkan surat keberatan kepada Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan pada Senin (11/5/2020).

Saat travel agent masih belum bisa turut menjual tiket pesawat, uang deposit mereka masih mengendap di rekening maskapai.

Uang tersebut termasuk uang refund tiket penumpang yang dikembalikan melalui top up deposit.

Baca juga: Astindo Keberatan Pemerintah Tak Libatkan Travel Agent dalam Penjualan Tiket Pesawat

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X