Resep Mudah Bikin Nastar Tanpa Oven, Cukup Pakai Wajan Teflon

Kompas.com - 19/05/2020, 13:42 WIB
Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYAIlustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nastar menjadi kue wajib pada saat Lebaran. Kue berisi selai nanas ini umumnya dibuat menggunakan oven. Namun bila tak mempunyai alat pemanggang, kamu bisa gunakan wajan teflon.

Baca juga: Persiapan Bikin Kue Lebaran, Kenali Perbedaan Mentega dengan Margarin

Chef Siti Kanari selaku Senior Pastry & Bakery Cook Hotel Santika Bandung menjabarkan bagaimana cara membuat nastar tanpa oven di rumah.

"Bisa membuat nastar tanpa oven, kita bisa membuat nastar yang renyah dan lembut dengan cara memakai (wajan) teflon, dengan cara memasak memakai api kecil," jelas Chef  Siti kepada Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Resep nastar tanpa oven

Bahan selai nanas

  • 300 gr gula pasir
  • 1 buah nanas sebanyak  400 gr
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis

Bahan kulit nastar

  • 450 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gr gula halus
  • 250 gr butter
  • 1 pcs kuning telur
  • 25 gr susu bubuk
  • 1 sdm minyak goreng

Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Bentuk nastar cukup beragam, salah satunya jaring-jaring serupa apple pie. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Bentuk nastar cukup beragam, salah satunya jaring-jaring serupa apple pie.

Cara membuat selai nanas

1. Parut nanas atau diblender tanpa air. Jika teksturnya sudah halus, masak nanas bersama kayu manis.

2. Kalau nanas sudah mulai panas, masukkan gula pasir sambil diaduk sampai semua bahan tercampur rata.

3. Setelah tekstur nanas mulai kering, angkat dan dinginkan. Jika sudah dingin maka bentuk bulatan sebesar 1/2 sdt.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X