Waktu Terbaik Konsumsi Jus Buah dan Sayur Saat Bulan Puasa agar Manfaat Maksimal

Kompas.com - 19/05/2020, 18:02 WIB
ilustrasi smoothies shutterstockilustrasi smoothies


JAKARTA, KOMPAS.com – Asupan nutrisi dari buah dan sayur terbilang penting untuk tubuh, apalagi ketika Ramadhan. 

Menurut praktisi gizi bidang klinik dan olahraga, Dr. Rita Ramayulis, mikronutrien yang terkandung di dalam buah dan sayur sangat penting untuk antioksidan tubuh yang bisa meningkatkan imunitas.

Dalam sesi Live Instagram di akun @kriyaria dengan topik “Minuman Jus, Smoothie, dan Minuman Rempah Penguat Kekebalan Tubuh” pada Rabu (13/5/2020), Rita menyebutkan tanpa mengonsumsi buah dan sayur imunitas tubuh pasti akan melemah.

Baca juga: Waktu Terbaik Konsumsi Air Rempah untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Namun kadang kala banyak orang sulit untuk bisa mengonsumsi buah dan sayur segar. Maka dari itu jus dan smoothies bisa jadi alternatif konsumsi buah dan sayur yang sederhana.

“Kalau berapa banyak buah dan sayur yang harus dikonsumsi itu minimal tiga porsi per hari,: jelas Rita. 

Apabila di masa pandemik ingin menguatkan imunitas tubuh, Rita memberi saran untuk menambahkan masing-masing satu sampai dua porsi buah dan sayur.

"Terutama untuk sayur itu tidak masalah karena energi sangat kecil. Kecuali buah itu pasti akan ada tambahan energi,” sambung dia.

Konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus dan smoothies pada masa pandemik ini Rita menyarankan untuk melakukannya minimal satu kali sehari.

Baca juga: 3 Bahan di Dapur yang Aman untuk Cuci Sayur dan Buah

 

Jumlah tersebut sudah bisa memenuhi sebagian kebutuhan mikronutrien pada tubuh manusia.

Konsumsi jus dan smoothies saat puasa

Saat berpuasa, bukan berarti jadi alasan tak bisa mengonsumsi buah dan sayuran sesuai takaran minimal yang disarankan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X