UNWTO Rilis Bantuan Teknis Pemulihan Pariwisata karena Corona

Kompas.com - 20/05/2020, 06:39 WIB
Ilustrasi Pariwisata Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi Pariwisata Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Pariwisata Dunia ( UNWTO) menyusun paket bantuan teknis pemulihan pariwisata terkait Covid-19.

Adapun paket bantuan ini ditawarkan sebagai pedoman kepada negara-negara anggota dalam menghadapi Covid-19.

Paket ini disusun dalam tiga pilar utama: pemulihan ekonomi, pemasaran dan promosi, dan penguatan kelembagaan dan pembangunan ketahanan.

UNWTO juga menyerukan agar seluruh sektor di dunia harus mendukung sektor pariwisata dengan tindakan nyata.

Baca juga: Apa Itu Protokol Global di New Normal Pariwisata?

"Kita harus mendukung sektor pariwisata sekarang dengan tindakan nyata sementara kita mempersiapkannya untuk kembali dan menjadi lebih kuat dan lebih berkelanjutan," kata Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili.

Rencana dan program pemulihan untuk pariwisata akan diterjemahkan ke dalam pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi, tak hanya di pariwisata namun di seluruh masyarakat," lanjutnya.

Dengan latar belakang ini, paket bantuan teknis pemulihan pariwisata Covid-19 dirancang untuk mendukung pemerintah, sektor swasta dan lembaga donor dalam menghadapi keadaan darurat sosial ekonomi.

Penampil meniup terompet saat memberikan hiburan pada pengunjung saat pembukaan kembali taman hiburan Disneyland, Shanghai, China, Senin (11/5/2020). Shanghai Disneyland resmi kembali dibuka setelah ditutup selama 4 bulan akibat pandemi virus corona.AFP/HECTOR RETAMAL Penampil meniup terompet saat memberikan hiburan pada pengunjung saat pembukaan kembali taman hiburan Disneyland, Shanghai, China, Senin (11/5/2020). Shanghai Disneyland resmi kembali dibuka setelah ditutup selama 4 bulan akibat pandemi virus corona.

Berikut tiga pilar utama paket bantuan teknis Covid-19 untuk pemulihan pariwisata, usulan UNWTO.

UNWTO merekomendasikan, seluruh sektor mengenalkan kebijakan dan tindakan untuk merangsang pemulihan ekonomi sektor pariwisata.

Hal ini harus diperkenalkan bersamaan dengan pengembangan penilaian kebutuhan dampak dan rencana spesifik negara untuk pemulihan pariwisata, di antara langkah-langkah lainnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X