Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Raya Xi'an, Masjid Tertua di China yang Dibangun saat Dinasti Tang

Kompas.com - 21/05/2020, 07:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Masjid Raya Xi’an merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di China. Adapun masjid ini tertua di Kota Xi'an, China.

Berdasarkan sebuah ukiran batu yang terdapat di dalamnya, mengutip Travel China Guide, masjid tersebut dibangun pada 742--tepatnya dalam periode Dinasti Tang, 618 – 907.

Lebih tepatnya, menurut China Highlights, pembangunan berlangsung pada tahun pertama Era Tianbao pada masa pemerintahan Kaisar Xuangrong.

Sementara penambahan fitur bangunan Masjid Raya Xi’an dilakukan selama Dinasti Song (960 – 1279), Dinasti Ming (1368 – 1644), dan dinasti Qing (1644 – 1911).

Baca juga: Al Bidya, Masjid Tertua di UEA yang Berdiri sejak Tahun 1440-an

Ilustrasi masjid - Masjid Raya Xian yang merupakan masjid tertua di Xian, China. Masjid dibangun pada masa Dinasti Tang.SHUTTERSTOCK Ilustrasi masjid - Masjid Raya Xian yang merupakan masjid tertua di Xian, China. Masjid dibangun pada masa Dinasti Tang.

Maka dari itu, masjid tersebut merupakan bangunan kuno dengan gaya arsitektur kompleks yang mewakilkan berbagai periode waktu.

Periode Dinasti Tang merupakan masa di mana agama Islam diperkenalkan di barat laut China oleh para pedagang Arab.

Ada juga peran dari para pelancong Persia dan Afghanistan pada abad ke-7 saat beberapa dari mereka menetap di China dan menikah dengan para perempuan suku Han.

Paduan gaya arsitektur khas China dan Islam

Masjid Raya Xi’an terletak pada lahan seluas 12.000 meter persegi. Bangunan dibagi menjadi empat halaman yang dihiasi oleh taman. Membuat pengalamanmu berjalan-jalan di sana menjadi tenang.

Baca juga: Sejarah Masjid Tertua di Paris, Penghormatan untuk Pejuang Muslim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com