Bermakna Minta Maaf sampai Alat Tolak Bala, Ini 7 Fakta Menarik Ketupat

Kompas.com - 21/05/2020, 19:54 WIB
Ilustrasi ketupat yang dibungkus janur alias daun kelapa. SHUTTERSTOCK/HAPELINIUMIlustrasi ketupat yang dibungkus janur alias daun kelapa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun lauk yang tersedia di meja makan saat Lebaran terasa semakin lengkap bila ada ketupat.

Tidak dapat dimungkiri makanan berbahan dasar beras ini sudah melekat dengan tradisi perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Baca juga: Kenapa Ketupat Selalu Ada Saat Lebaran di Indonesia? Ada Makna Permintaan Maaf

Bukan hanya nikmat disantap, rupanya makanan berbentuk segi empat ini memiliki fakta menarik. Mulai dari makna yang terkandung di dalamnya sampai fungsinya pada tradisi masyarakat Indonesia.

1. Ketupat bermakna permintaan maaf

Ketupat yang berbentuk segi tiga ternyata memiliki arti pada setiap sisinya.

Sejarawan Universitas Padjadjaran Bandung Fadly Rahman mengatakan ada beberapa pendapat tentang makna ketupat seperti empat sudut ketupat berhubungan dengan empat penjuru mata angin.

Pada masa Islam, Sunan Kalijaga memberikan representasi makna empat sudut ketupat yaitu lebaran, leburan, luberan, dan laburan. Semua hal tersebut berhubungan dengan sifat manusia.

Lebaran berarti pintu ampun yang dibuka lebar terhadap kesalahan orang lain. Luberan berarti melimpahi, memberi sedekah pada orang yang membutuhkan.

Leburan berarti melebur dosa yang dilalui selama satu tahun. Sementara, Laburan yakni menyucikan diri, putih kembali layaknya bayi.

Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/YSK1 Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X