Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tidak Lapuk dan Tetap Enak

Kompas.com - 22/05/2020, 15:11 WIB
Ilustrasi kue nastar ShutterstockIlustrasi kue nastar


JAKARTA, KOMPAS.com – Mendekati waktu hari raya Lebaran seperti ini, biasanya banyak toples kue kering berserakan di rumahmu. Sebut saja nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju, dan masih banyak lagi.

Asal kue kering bukan hanya dari buatanmu sendiri, melainkan juga dari parsel kiriman kerabat dekat.

Jumlah kue kering yang cukup banyak membuat kamu harus pintar-pintar dalam menyimpannya. Salah menyimpan kue kering bisa membuatnya lapuk, berjamur, dan rasanya berubah. 

Baca juga: 8 Hal Tampak Sepele tetapi Penting untuk Membuat Kue Kering Anti Gagal

Menurut Executive Pastry Chef Swissotel Jakarta PIK Avenue, Budi Kuniawan, kue kering bisa bertahan sampai tiga bulan jika disimpan dengan tepat. 

Kue kering sebaiknya disimpan di wadah atau toples kedap udara. Lebih baik lagi disertakan silica gel yang food grade dalam penyimpanan,” ujar Chef Budi pada Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

.THINKSTOCK .

Sementara itu jika kamu sering membuka wadah kue kering, maka kue kering mungkin hanya akan bertahan sekitar satu bulan saja. 

Awet atau tidaknya kue kering, sangat tergantung dengan kelembaban udara di sekitarnya. Jika kelembaban udara tidak tinggi alias kering, maka akan semakin bagus untuk kue.

Seperti dilansir dari Taste of Home, kue kering baiknya disimpan di suhu ruang, bisa di dapur dan tertutup rapat dalam wadah kedap udara.

Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Coba Resep Kastengel Keju Klasik Renyah

Lalu simpan juga kue kering terpisah dari kue-kue lainnya yang punya tekstur agak lembut seperti kue jahe atau kue selai kacang.

Pasalnya, kelembaban dari kue yang agak lembut itu bisa memengaruhi tingkat kerenyahan kue kering.

Kemudian jika kamu membuat kue-kue itu sendiri di rumah, maka pastikan untuk mendinginkan lebih dulu kue keringmu sebelum dimasukkan ke dalam wadah rapat.

Kue kering harus didinginkan lebih dahulu setelah keluar dari oven. Pastikan dengan menyentuh permukaan kue.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Selai Nanas Supaya Awet di Kulkas, Jangan Masukkan Saat Panas

Jika masih ada panas yang terperangkap, maka ketika disimpan uap panas akan membuat kue jadi lembab dan lapuk. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X