Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Tertua di Mesir, Awalnya Terbuat dari Pohon Palem

Kompas.com - 24/05/2020, 08:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.comMasjid Amru bin Al-Ash merupakan masjid tertua di Mesir yang dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, Amru bin Al-Ash.

Pada 640, mengutip laman resmi Ministry of Tourism and Antiquities Mesir (Kementerian Pariwisata dan Barang Antik), Amru bin Al-Ash menaklukkan Mesir dan mendirikan ibu kota pertamanya, Fustat.

Jika melihat Kota Kairo masa kini, maka Fustat berada di dalam kota tersebut.

Baca juga: Cerita Masjid Agung Kairouan Tunisia, Dibangun pada Abad Ke-7

Setahun berlalu, Amru bin Al-Ash mendirikan masjid tas perintah khalifah Umar bin Khattab. Masjid tersebut merupakan bangunan pertama di Fustat.

Bahkan, mengutip Egyptian Streets, masjid yang juga disebut sebagai Masjid Antik dianggap sebagai universitas pertama, bertahun-tahun sebelum adanya Universitas Al-Azhar.

Masjid tersebut kerap digunakan sebagai tempat pemberian khotbah agama, dan mempelajari ilmu Al-Quran. Bangunan tersebut mampu menampung hingga 5.000 siswa dalam satu waktu.

Berdiri di atas perkemahan tentara

Kendati Masjid Amru bin Al-Ash dibangun atas perintah Umar bin Khattab, konon katanya alasan utama pembangunan dan posisi bangunan terdapat pada seekor burung merpati.

Ilustrasi masjid - Gerbang menuju area Masjid Amru bin Al-Ash di Mesir.SHUTTERSTOCK Ilustrasi masjid - Gerbang menuju area Masjid Amru bin Al-Ash di Mesir.

Saat Amru bin Al-Ash menaklukkan Mesir, dia mendirikan tenda di sisi timur Sungai Nil. Sebelum berangkat ke medan pertempuran lain, dia menemukan bahwa seekor burung merpati telah meletakkan telur di tendanya.

Melihat hal tersebut, dia tidak menyingkirkan tendanya. Usai kembali dari Alexandria, dia menyatakan situs tersebut sebagai ibu kota baru dan menamainya Fustat, artinya tenda.

Kemudian, Masjid Amru bin Al-Ash dibangun di lokasi tersebut pada tahun 641. Masjid dibangun menghadap langsung ke Sungai Nil. Lokasinya di sebelah utara benteng Babilon.

Dibangun menggunakan pohon palem

Masjid dibangun di lahan seluas kisaran 1.500 hasta persegi, berukuran panjang 29 meter dan lebar 17 meter, digunakan untuk membangun masjid.

Bentuk bangunan terbilang sederhana. Berbentuk kotak kecil terbuat dari kayu dan daun palem.

Ilustrasi masjid - Bagian dalam area Masjid Amru bin Al-Ash di Mesir.SHUTTERSTOCK Ilustrasi masjid - Bagian dalam area Masjid Amru bin Al-Ash di Mesir.

Atapnya pun dibangun menggunakan batang pohon palem yang ditopang oleh kolom batang pohon palem, batu, dan lumpur.

Sementara lantainya ditutupi oleh batu kerikil, dan dinding dibuat dari lumpur. Dinding tidak menggunakan plester atau dekorasi apa pun.

Di dalamnya tidak ada mihrab, melainkan empat kolom yang ditambahkan untuk menunjukkan arah kiblat. Bahkan, bangunan tidak memiliki menara masjid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com