4 Tips Menyimpan Opor Ayam agar Tidak Mudah Basi

Kompas.com - 24/05/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKAIlustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Lebaran.

JAKARTA,KOMPAS.com  - Kamu yang memiliki sisa opor ayam di Hari Lebaran, bisa disimpan untuk konsumsi untuk beberapa hari ke depan.

Baca juga: 3 Tips Memasak Opor Ayam agar Tak Mudah Basi

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto, menjabarkan beberapa tips untuk menyimpan dan menghangatkan opor ayam.

"Kalau mau menyimpan makanan bersantan itu didinginkan dulu sampai dingin banget, jangan sampai kesentuh tangan, lalu simpan dalam plastik," papar chef Gatot kepada, Kompas.com, (24/5/2020).

Berikut empat cara menyimpan opor ayam:

1. Simpan dalam kulkas atau frezeer

Untuk menyimpan opor ayam kamu bisa menaruh di dalam kulkas. Pilihan ini cocok kalau kamu akan memakan opor ayam dalam jangka waktu dua hingga tiga hari ke depan.

Opor ayam akan tahan dalam kulkas selama tiga hari, tetapi dengan catatan jangan sering membuka tutup kulkas supaya suhu dalam kulkas stabil.

Jika kamu ingin menyantapnya lebih dari tiga hari kamu bisa menyimpan opor ayam di dalam frezeer supaya lebih awet.

Baca juga: Asal Usul Opor Ayam yang Selalu Ada Waktu Lebaran

2. Taruh dalam plastik yang rapat dan tipis

"Kalau memang agak lama mau dimakan, masukan ke dalam wadah atau plastik," papar Chef Gatot.

Usahakan kamu menggunakan plastik yang tipis dan tidak tebal agar proses pembekuannya cepat.

Selain itu pastikan wadah opor tertutup rapat agar tidak terkontaminasi dengan aroma lain dari produk yang disimpan di dalam kulkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X