Cara Menyimpan Ketupat yang Benar, Bisa Tahan sampai Satu Minggu

Kompas.com - 25/05/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/YSK1Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Lebaran, umumnya stok ketupat masih sisa banyak. Cara menyimpan ketupat dengan benar terbilang penting, karena dapat memengaruhi kualitas nasi ketupat.

Baca juga: Ini Bedanya Ketupat, Buras, dan Lontong

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto memberikan tips untuk menyimpan ketupat di kulkas. 

"Biar awet, tidak cuma matang saja, tapi harus tanak habis itu diangkat dan ditiriskan," papar Gatot kepada Kompas.com, Sabtu (23/5/2020).

Ketupat yang baru matang bisa diangin-anginkan atau digantung agar kandungan air yang menempel pada daun bisa keluar. Cara ini juga membuat suhu ketupat lebih cepat turun.

Ilustrasi ketupat. Dok. Shutterstock/PurMoon Ilustrasi ketupat.

Sebetulnya ketupat bisa bertahan selama 2-3 hari di suhu ruang, tetapi jika ingin lebih bersih bisa disimpan di dalam kulkas.

Gatot menyarankan untuk memasukkan ketupat ke dalam plastik kedap udara dan setelah itu baru dimasukkan ke dalam kulkas.

Plastik kedap udara berfungsi agar ketupat tidak menyerap uap dingin dan bau dari kulkas. Ketupat yang menyerap uap kulkas teksturnya dapat menjadi benyek. 

Baca juga: Resep Sayur Ketupat Betawi, Kuah Medok Mantap Penuh Bumbu

“Kalau mau makan tinggal dikukus saja langsung, tidak masalah,” papar Gatot.

Namun, Gatot mengatakan, ketupat yang dihangatkan kembali, kekenyalannya akan berubah tidak sekenyal ketupat yang baru masak. 

Ketupat yang disimpan dalam plastik rapat dan ditaruh di kulkas bisa bertahan sampai tujuh hari.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X