Kenapa Daging Durian Punya Rasa Berbeda-beda?

Kompas.com - 25/05/2020, 22:06 WIB
Ilustrasi durian naito8Ilustrasi durian


JAKARTA, KOMPAS.com - Durian merupakan salah satu buah yang unik. Setiap varietas durian punya rasa yang berbeda-beda.

Ada yang memiliki rasa manis legit, manis pahit, dan dominan rasa pahit dengan sedikit cita rasa semacam alkohol.

Baca juga:

Menurut Ketua Yayasan Durian Nusantara Mohamad Reza Tirtawinata ada tiga hal yang berpengaruh dalam memunculkan rasa dalam daging durian yaitu genetik, pengaruh alam, dan budi daya.

1. Genetik

Rasa berbeda di setiap varietas biasanya bepengaruh dari bawaan genetik. Rata-rata durian memiliki proses pematangan dengan tahapan yang sama.

"Durian itu karbohidratnya tinggi. Karbohidrat akan berubah jadi gula. Dari gula, dia akan berubah jadi alkohol. Terakhir alkohol akan berubah jadi cuka," ujar Reza.

"Artinya, ketika durian masih mentah itu rasanya tepung, semua karbohidrat. Tapi setelah mulai matang, dia berfermentasi. Ada enzim yang mengubah rasa karbohidrat jadi gula maka timbul rasa manis," lanjutnya.

Proses fermentasi ini dimulai ketika durian sudah jatuh dari pohon atau sudah matang.

Biasanya, durian yang jatuh dari pohon akan mulai berubah menjadi manis dalam kurun waktu satu sampai dua hari. Semakin lama dibiarkan, rasa manisnya akan semakin kuat.

Suasana di Durian Ucok, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8/2016). Durian Ucok buka 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam sepekan. Di sini, pengunjung bisa meminta durian sesuai rasa yang digemari, antara pahit dan manis.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Durian Ucok, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8/2016). Durian Ucok buka 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam sepekan. Di sini, pengunjung bisa meminta durian sesuai rasa yang digemari, antara pahit dan manis.
Semua karbohidrat yang ada dalam daging durian akan berubah menjadi gula di puncak fermentasi durian, sehingga rasanya akan manis legit.

Namun jika dibiarkan lebih dari itu, maka gula akan mulai berubah menjadi alkohol.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X