Jepang Biayai Setengah Ongkos Perjalanan Warganya saat Corona Mereda

Kompas.com - 26/05/2020, 09:30 WIB
Kyoto adalah kota romantis di Jepang yang memiliki taman-taman indah dengan pemandangan bunga sakura yang cantik pada saat musim semi. PixabayKyoto adalah kota romantis di Jepang yang memiliki taman-taman indah dengan pemandangan bunga sakura yang cantik pada saat musim semi.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) berdampak besar bagi industri pariwisata di setiap negara.

Jepang, misalnya, dilaporkan mengalami penurunan kunjungan wisatawan hampir 100 persen tepatnya 99,9 persen pada periode April 2020 karena pandemi.

Melansir Japan Times, pelancong yang ke Jepang turun menjadi 2.900 orang. Hal ini menjadi yang pertama kalinya sejak 1964, pariwisata Jepang berada di bawah angka 10.000, tulis rilis dari Badan Pariwisata Jepang (Japan Tourism Agency).

Tercatat pada tahun 1964, pengunjung asing bulanan ada sekitar 17.543 orang. Laporan tersebut merupakan yang paling terendah selama ini.

Baca juga: Unik, Akuarium di Jepang Ajak Masyarakat VIdeo Chat dengan Belut Taman

Kini, Jepang tengah berupaya agar hal serupa tak terjadi lagi. Caranya, yaitu dengan berupaya meningkatkan pariwisata domestik.

Pemerintah setempat mensubsidi sebagian dari biaya perjalanan warganya saat wabah pandemi bisa dikendalikan.

Dalam program tersebut, pemerintah akan memberi subsidi sebesar 1,35 triliun Yen atau sekitar 12,5 miliar dollar AS, yang dimulai bulan Juli nanti jika infeksi virus mereda.

Hal tersebut dikatakan Hiroshi Tabata, Kepala JTA pada Rabu (20/5/2020).

Agensi juga melaporkan, pembatasan perjalanan yang diberlakukan secara global, membuat anjlok jumlah warga negara Jepang yang keluar negeri.

Tercatat pada April anjlokan 99,8 persen dari tahun sebelumnya menjadi 3.900, menurut data agensi.

Pemerintah Jepang diketahui telah memperluas pembatasan perjalanannya pada awal April, sehingga jumlah negara yang melarang Warga Negara Asing (WNA) masuk bertambah menjadi 70 negara di antaranya China, Korea Selatan, Amerika Serikat dan sebagian Eropa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X