Bolehkah Makan Durian Barengan dengan Seafood?

Kompas.com - 26/05/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi durian. shutterstock.com/TorjrtrxIlustrasi durian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa kepercayaan durian tidak boleh dimakan bersama dengan seafood, karena bisa menciptakan racun dalam tubuh. Benarkah demikian?

"Itu mitos ya. Saya mencoba cari riset mengenai korelasi keduanya dan tidak menemukan apapun," kata pakar gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) Ahmad Sulaeman saat ditemui Kompas.com di IPB, Bogor, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Kenapa Daging Durian Punya Rasa Berbeda-beda?

Senada dengan hal itu, Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Diana Suganda SpGK, mengatakan, kepercayaan seputar memakan durian dan seafood akan menyebabkan tubuh menjadi panas dan menciptakan racun adalah mitos.

Diana menuturkan, hubungan keduanya hanya akan membuat lambung manusia terasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebih.

"Seafood sudah kita ketahui memang dia kadar lemaknya lebih tinggi. Lemak itu sebenarnya yang paling sulit dicerna dalam tubuh," kata Diana.

"Kebayang jadinya sudah paling sulit dicerna, ditambah lagi dengan makan durian," lanjutnya.

Baca juga: Makan Durian Bisa Bikin Mabuk, Benarkah?

Diana mengatakan, kondisi sulitnya pencernaan tersebut dapat membuat kamu merasa begah. Namun untuk efek beracun tidak ada hubungannya.

Selengkapnya mengenai durian bisa dibaca di VIK: Pesta Durian. Dalam VIK ini juga diulas mengenai tips, fakta dan mitos, hingga sejarah durian.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X