Biasa Ramai Saat Lebaran, Kini Ragunan Sepi Pengunjung

Kompas.com - 26/05/2020, 16:50 WIB
Suasana Taman Margasatwa Ragunan pada lebaran tahun 2020. Tempat wisata ini terlihat sepi akibat pandemi virus corona. dok. Taman Margasatwa RagunanSuasana Taman Margasatwa Ragunan pada lebaran tahun 2020. Tempat wisata ini terlihat sepi akibat pandemi virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi Taman Margasatwa Ragunan pasca Lebaran biasanya ramai pengunjung.

Dari data yang diberikan kepada Kompas.com,  misalnya, puncak kunjungan pada libur Lebaran tahun 2019 mencapai 166.000 pengunjung.

Namun, karena masa pandemi corona saat ini, kondisi Taman Margasatawa Ragunan jauh berbeda. Tidak ada pengunjung di kebun binatang tersebut.

Kini, kondisi tersebut berbeda lantaran masa pandemi corona (Covid-19).

“Tahun ini, dari Januari sampai pertengahan Maret 2020, pengunjung baru mencapai 600.000 orang,” kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

 

Hingga berita ini naik, angka tidak berubah lantaran pada 14 Maret 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup semua tempat wisata di Jakarta.

Awalnya, penutupan dilakukan selama dua pekan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. Mereka juga melakukan proses pembersihan dengan disinfektan.

Baca juga: Berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan Saat Musim Hujan? Ini Tipsnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Taman Margasatwa Ragunan (@ragunanzoo) on May 23, 2020 at 5:58am PDT

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa (19/5/2020), memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 4 Juni mendatang. Hal tersebut membuat Ragunan masih menutup pintunya bagi wisatawan hingga saat ini.

Jika virus corona mereda, PSBB dicabut, dan tempat wisata diizinkan untuk dibuka kembali, ada kemungkinan Ragunan mengerahkan hingga ratusan personel untuk menyambut ramainya wisatawan saat libur lebaran.

“(Pada 2019) sebanyak 50 loket dibuka. Petugas pelayanan (kami kerahkan) sebanyak 600 orang. Dari pelayanan pengunjung, penjualan tiket, pelayanan kendaraan, dan pengaturan parkir. Jumlah 600,” ujar Ketut.

“Antrean diatur sedemikian rupa alurnya. Untuk mengatur antrean. Tempat parkir diatur di kantung-kantung parkir. Baik di luar atau di dalam kawasan Ragunan,” imbuhnya.

Rombongan keluarga mendominasi wisatawan yang berkunjung selama libur lebaran. Baik dari Jabodetabek maupun wilayah sekitarnya. Ketut mengatakan bahwa mereka lebih sering melihat gajah, jerapah, dan gorilla.

Baca juga: Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X