Agar Tak Bosan, Kreasikan Sisa Rendang Jadi 3 Hidangan Gampang Ini

Kompas.com - 26/05/2020, 21:35 WIB
ILUSTRASI - Rendang Shutterstock/Ariyani TedjoILUSTRASI - Rendang


JAKARTA, KOMPAS.com – Pada hari raya Lebaran tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun yang lalu.

Adanya physical distancing dan larangan mudik dari pemerintah, mungkin membuat rumah sedikit sepi dan sajian Lebaran pun tersisa cukup banyak. Salah satu sajian khas Lebaran yang mungkin tersisa adalah rendang.

Baca juga: 7 Makanan Indonesia yang Awet, Ada Rendang dan Sambal Roa

Rendang selain dinikmati apa adanya, bisa juga kamu olah kembali jadi beberapa sajian berbeda agar tak bosan. Executive Chef at AMUZ Gourmet Restaurant APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso menjelaskan 3 hidangan olahan rendang.

1. Oseng daging rendang

Rendang termasuk sajian Lebaran yang paling gampang dikreasikan. Menurut Chef Stefu, salah satu yang paling sederhana adalah dijadikan oseng daging rendang.

Hanya membutuhkan sedikit tambahan bumbu dan proses pemasakan, maka rasa rendang akan sedikit berbeda yang bisa jadi variasi makanan untukmu.

Bumbu yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Tomat
  • Cabai rawit
  • Kecap manis

Cara membuatnya, pertama iris bawang putih dan bawang merah lalu tumis hingga harum. Beri sedikit air, masukkan daging rendang yang sudah disuwir sebelumnya.

Lalu tambah sedikit kecap manis agar rasa rendang tak terlalu banyak berubah. Masukkan cabai rawit sesuai selera. Kemudian tumis daging rendang hingga matang.

2. Pull beef sandwich

Ilustrasi pull beef sandwich. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi pull beef sandwich.

Selanjutnya, kamu juga bisa mengolah rendang menjadi isian sandwich. Rendang yang diolah jadi isian sandwich ini tak membutuhkan banyak tambahan bumbu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X