Alasan Sumatera Barat Terpilih Menjadi Tempat Syuting Gordon Ramsay: Uncharted

Kompas.com - 27/05/2020, 20:41 WIB
Istana Pagaruyung. Dok. Shutterstock/Sony HerdianaIstana Pagaruyung.


JAKARTA, KOMPAS.com – Gordon Ramsay lewat program televisi di National Geographic " Gordon Ramsay: Uncharted", menyambangi Sumatera Barat. Episode ini rencananya akan ditayangkan pada 29 Juni 2020 mendatang.

Dalam episode tersebut, Ramsay tak sendirian. Ia ditemani pakar kuliner Indonesia, William Wongso, selama proses syuting yang dilangsungkan pada 19-22 Januari 2020 tersebut.

Baca juga: Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumatera Barat Ditemani William Wongso

“Saya sebagai host. Seolah-olah dia ke Sumatera Barat itu mencari saya untuk belajar mengenai kuliner Sumatera Barat dan juga mendalami soal budaya, budaya makan, dan kegiatan kulturan Sumatera Barat," jelas William Wongso dihubungi Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

William menjadi mentor Ramsay, terutama saat membuat rendang. Ia juga menantang Ramsay untuk memasak rendang untuk Gubernur Sumatera Barat. 

Pria yang dijuluki diplomat rendang ini bercerita, sekitar bulan September 2019 produser National Geographic New Zealand menghubunginya. 

Produser tersebut bertanya kira-kira daerah mana di Indonesia yang menarik untuk dijadikan lokasi syuting "Gordon Ramsay: Uncharted".

Baca juga: Jadi Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia 8 Jenis Rendang

Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat. Dok. William Wongso Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat.

“Kebetulan syuting sebelum Indonesia kan Tasmania. Terus habis itu ke India Selatan, lewatin Indonesia. Ada waktu kosong, aku ditanya sama produser New Zealand, aku propose Sumatera Barat dan dia teruskan ke National Geographic,” papar William.

“Saya berikan semua data, dua minggu di-approve (disetujui). Mereka mulai approve saya itu September terus minggu ketiga Oktober, mereka sudah datang,” kata William.

Baca juga: Pasumpahan, Pulau Terindah di Sumatera Barat

Tak lama sejak pengajuan proposal mengenai Sumatera Barat itu, tim dari National Geographic yang berjumlah sekitar delapan orang dan terdiri dari tim inti datang ke Sumatera Barat.

“Karena banyak proses pemenuhan keamanan ketat sekali. Saat syuting saja, dia kemana-mana ambulans di belakang kok. Ada penasihat keamanan dari Amerika juga, sudah kayak presiden saja,” lanjut William sambil tertawa.

Rendang menjadi duta Indonesia

 

William Wongso memilih Sumatera Barat untuk jadi lokasi syuting "Gordon Ramsay: Uncharted" karena ia merasa rendang bisa jadi benang merah yang sangat menarik.

Makanan khas Minang ini sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan rendang juga sudah  dikenal dunia.

Baca juga: Agar Tak Bosan, Kreasikan Sisa Rendang Jadi 3 Hidangan Gampang Ini

Tak itu saja, ia juga berharap bahwa Sumatera Barat bisa jadi sejenis pemancing bagi tim "Gordon Ramsay: Uncharted" di masa depan untuk bisa kembali ke Indonesia.

“Buat saya ini jadi pancingan, supaya nanti kalau mereka mau bikin lagi season tiga bisa cari lagi ke Indonesia, ke daerah yang lain,” tutup William.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X