Labuan Bajo Jadi Pilot Project Pemulihan Pariwisata NTT

Kompas.com - 29/05/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Bukit Cinta, Labuan Bajo. SHUTTERSTOCKIlustrasi Nusa Tenggara Timur - Bukit Cinta, Labuan Bajo.


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Kamis (28/5/2020), mengatakan, Labuan Bajo menjadi pilot project pemulihan sektor pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melalui rilis Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) yang diterima Kompas.com, Kamis (28/5/2020), aktivitas pariwisata akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai standar new normal.

Hal ini juga mengingat Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata superprioritas dan superpremium.

Baca juga: NTT Buka Pariwisata, Wisatawan Bisa Berkunjung Mulai 15 Juni

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina menyampaikan, tatanan normal baru sektor pariwisata ini juga berjalan beriringan dengan program bersih, sehat, dan aman (Clean, Health, and Safe CHS) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Harapannya, new normal ini dapat berjalan efektif pada pertengahan Agustus mendatang usai masa uji coba selama dua bulan. Program ini juga beriringan dengan program CHS dari Kemenparekraf sebagai upaya untuk mewujudkan new normal," kata Shana, seperti dikutip rilis.

Lebih lanjut, selama masa tanggap darurat Covid-19, Shana menjelaskan bahwa BOPLBF terus melakukan koordinasi intensif dengan pemerintah daerah dan para stakeholder pariwisata untuk mempersiapkan antisipasi sektor pariwisata NTT, khususnya Labuan Bajo.

Baca juga: Buka Pariwisata, NTT Bakal Ramai Wisatawan Nusantara

Panorama mentari tenggelam di Labuan Bajo, NTT.Hilda B Alexander/Kompas.com Panorama mentari tenggelam di Labuan Bajo, NTT.

Koordinasi tersebut untuk mengembalikan pariwisata Labuan Bajo dalam aktivitas pariwisata seperti biasa pasca-pandemi, dengan menerapkan standar pariwisata new normal berpedoman protokol kesehatan.

Selain itu, Shana juga mengatakan, BOPLBF akan memulainya dengan menguji coba penggunaan sistem registrasi online bagi wisatawan yang masuk ke Labuan Bajo, baik di wisata bahari maupun darat.

Baca juga: NTT Kembali Buka Pariwisata dengan Protokol Kesehatan

Uji coba tersebut rencananya akan dilakukan pada 9 Juni mendatang.

Sebelumnya, BOPLBF berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT dan para stakeholder pariwisata siap membuka kembali aktivitas pariwisata di NTT pada 15 Juni.

Pembukaan kembali aktivitas pariwisata NTT tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi melalui telekonferensi Forkompimda NTT yang dipimpin langsung Gubernur Viktor Laiskodat Bungtilu, Selasa (26/5/2020).

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X